PERAN AGAMA ISLAM DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK

Muna Hatija

Abstract


Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif deskriptif, dengan mendiskripsikan data dan temuan penelitian dalam bentuk uraian mendalam dengan empat tahapan  yaitu: tahap identifikasi masalah penelitian, tahapan pengumpulan data penelitian, tahapan analisis data penelitian, dan tahapan  penyusunan laporan penelitian. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui kebutuhan anak  yang ada di sekolah tentang  media pembelajaran apa saja yang dibutuhkan dan diharapkan, sehingga ada peningkatan prestasi belajar. Peranan agama Islam membina, menjaga akhlak dan menanamkam sikap agamais pada anak. Peran Media peningkatan prestasi belajar bagi siswa, mengingat belum lengkapnya sarana dan prasarana karena mereka membutuhkan adannya fasilitas yang dapat menunjang semangat dan minat  dalam belajar dari guru-guru yang profesional contoh: penggunaan alat modern seperti computer, lektop, alat olah raga dll. penelitian ini bertujuan  untuk memperoleh informasi sebanyak-banyaknya tentang


Keywords


Agama Islam, Media, prestasi belajar anak

Full Text:

PDF

References


Ahmadi,Abu, Nur Uhbudiyah, (2001), Ilmu Pendidikan, Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta.

Arief, Armai, (2002), Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Cet. I; Jakarta: Ciputat Pers.

Arikunto, Suharsimi, (1992), Prosedur Penelitian , suatu Pendekatan Praktek, Cet. VIII; Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin,Muhammad, (1996), Ilmu Pendidikan Islam, Cet. IV; J akarta : Bumi Aksara.

At-Tuwananisi, Ali Al-Jumbulati dan Abdul Futuh, (2002), Dirasarun Muqaaranatun Fit-Tarbiyyatil Islamiyah , penerjemah, Prof H.M Arifin M.Ed, Perbandingan Pendidikan Islam, Cet. II; Jakarta: PT Rineka Cipta.

Daryanto, (1998), Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya, Apollo.

Departemen Agama RI, (2001), Kendali Mutu Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.

Dimyati dan Mudjiono, (1999), Belajar dan Pembelajaran, Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri, (2002), Strategi Belajar Mengajar, Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar, (2008), Pendidikan Guru berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Cet. V; Jakarta: Bumu Aksara.

Hammuda Abd. Al-Ati, (1984), The Family Structure In Islam, Ali bahasa Anshari Tayyib sengan judul Keluarga Muslim Surabaya: PT. Bina Ilmu.

Indrakusuma,Amir Daien, (1973), Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.

Jalaluddin, (2003), Teologi Pendidikan, Cet. III; Jakarta: Raja Grafindo.

Khadim al Haramain asy Syarifain, (1971), Al-Qur-an dan Terjemahnya, Yayasan Penyelenggara Penterjemah /Penafsir Al-Qur’an, Jakarta.

Langgulung,Hasan, (1986), Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka al-Husna.

Muhyidin, Muhammad, (2007), Manajemen ESQ Power, Cet. III; Jogyakarta: DIVA Pres.

Sujana, Nana, (1998), Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru.




DOI: http://dx.doi.org/10.35914/jad.v5i2.1326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLISHED BY:

  

Univeritas Andi Djemma

Jl. Samiun Nomor 4 Kota Palopo, Sulawesi selatan INDONESIA

jurnal.andidjemma@gmail.com | mzaid090609@gmail.com

p-ISSN : 2622-6537   |   e-ISSN : 2622-8513


Terindeks by :

dimensions.png 


Jurnal Andi Djemma: Jurnal Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.