MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PRAKTIK DRAMA KREATIF PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PALOPO

Chece Djafar

Abstract


Menstimulasi Kemampuan Berbicara melalui Praktik Drama Kreatif Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Palopo. Hasil penelitian dari 32 siswa sampel, 6 orang yang mendapat nilai 10 dengan persentase (18,75%), 5 orang yang mendapat nilai 9 dengan persentase (15,63%), 7 orang yang mendapat nilai 8 dengan persentase (21,87%), 7 orang mendapatkan nilai 7 dengan persentase (21,87%), 6 orang mendapatkan nilai 6 persentase (18,75%), 1 orang yang mendapat nilai 5 persentase (3,13%), dari penilaian aspek kebahasaan, sedangkan 32 siswa sampel yang dites menggunakan aspek nonkebahasaan dengan praktik naskah drama mendapat siswa sampel, 8 orang yang mendapat nilai 10 dengan persentase (25%), 8 orang yang mendapat nilai 9 dengan persentase (25%), 9 orang yang mendapat nilai 8 dengan persentase (28,13%), 5 orang yang mendapatkan nilai 7 dengan persentase (15,62%), 2 orang yang mendapatkan nilai 6 dengan persentase (6,25%). Perolehan nilai tersebut jika dirata-ratakan diketahui bahwa nilai rata-rata menstimulasi kemampuan berbicara melalui praktek drama kreatif siswa kelas XI SMA Negeri 1 Palopo adalah 80,2 yang diperoleh dari hasil bagi jumlah seluruh nilai dengan jumlah sampel atau 2566/32 = 80,188 dibulatkan menjadi 80,2. Nilai rata-rata menstimulasi kemampuan berbicara melalui praktik drama kreatif siswa kelas XI SMA Negeri 1 Palopo, dapat dikategorikan sudah memadai.

Keywords


Kemampuan Berbicara, Praktek Drama Kreatif

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. (1995). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Malang: PT. Sinar Baru. Aminuddin. (2003b). Pengantar Sastra Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Depdikbud. (2006). Petunjuk Pelaksanaan Evaluasi. Jakarta: Depdikbud. Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grahindo Pratama. Djafar, C. (2019). Peningkatan Pembelajaran Menulis Berita Melalui Strategi Resiprokal Siswa Kelas XI MAN Palopo. Jurnal Andi Djemma| Jurnal Pendidikan, 2(2), 1-18. Djuanda. (2006). Teori Belajar Fungsionalisme. Jakarta: Rineka Cipta. Didiharyono, D., & Qur'ani, B. (2019). Increasing Community Knowledge Through the Literacy Movement. To Maega| Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 17-24. Florez. (2008). Aspek Keterampilan Mengelola Pembelajaran. Bandung Angkasa Mulgrave. (1954). Berbicara dalam Aspek Kognitif. Jakarta: Gramedia. Nurgiyantoro, Burhan. (2005). Teori Pengkajian Fiksi. Jogjakarta: Gadjah Mada. Ochs and Winker. (1979). Dasar-Dasar Berbicara. Jakarta. Universitas Terbuka. Rofi’uddin. (2003). Refleksi untuk Merenungkan Hasil Tindakan. Jakarta: Pusat Bahasa. Rosenblatt. (1988). Pengajaran Sastra Melibatkan Peneguhan Kesadaran Sikap Etik. Jakarta: Bumi Aksara. Sudjana. (1989). Pendapat Umum. Jakarta: Erlangga. Tim Prima Pena. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gita Media press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Univeritas Andi Djemma

P-ISSN: 2622-6537

E-ISSN: 2622-8513

Jurnal Andi Djemma, Jurnal Pendidikan