PERANAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PERKEMBANGAN REMAJA

Hasnahwati Hasnahwati

Abstract


Remaja sebagai manusia di samping berusaha memenuhi kebutuhannya yang bersifat fisik atau jasmaniah, ia juga harus memenuhi kebutuhan mental rohaniahnya. Kebutuhan mental rohaniah inilah yang membedakan manusia dengan makhluk Allah lainnya. Adapun yang dimaksud dengan agama dalam kehidupan adalah iman yang diyakini oleh pikiran, diresapkan oleh perasaan, dan dilakukan dalam tindakan, perbuatan, perkataan dan sikap. Manusia (remaja) sebagai homo religious, homo divinas (makhluk bertuhan) adalah hamba Allah yang diciptakan oleh-Nya dengan kelengkapan dasar, antara lain; berupa bakat beragam dan bakat berbakat pada Maha Pencipta. Dengan kata lain dalam diri pribadi manusia telah ditanamkan benih yang disebutkan Insting, kecenderungan ke arah beragama (hanifan musliman) yang dapat dikembangkan melalui pendidikan atau bimbingan yang cukup baik. Demikian pula dalam hal perkembangan masa remaja awal yaitu usia 13-15 tahun dan masa akhir remaja usia 16-18 tahun, mengalami perkembangan kognitif, perkembangan sosial, perkembangan moral dan perkembangan emosi. Di mana harus diarahkan sesuai dengan ajaran dalam pendidikan agama Islam, seperti pendidikan iman, moral, fisik (kesehatan tubuh), intekeltual dan pendidikan sosial serta pendidikan sisi kejiwaan anak dan perasaanya.

Keywords


Peran PAI, Masa Remaja

Full Text:

PDF

References


Alang, M. Sattu. (2005). Kesehatan Mental dan Terapi Islam, Cet. II; Makassar: CV. Berkah Utami Makassar.

An Nahlawi, Abdurrahman. (2002). “Ushulut Tarbiyah Islamiyah wa Asalibiha fil Baiti wal Madrasati wal Mujtama” diterjemahkan oleh Shihabuddin dengan judul Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat, Cet. III; Jakarta: Gema Insani Press.

Bitar, 2019, Kenakalan Remaja : Pengertian, Ciri, Contoh, Penyebab Dan Solusinya (online). (http://www.GuruPendidikan.Com) di akses 02 Februari 2020.

Cermin Wanita Shalihah, Anak, Mutiara Peradaban Islam, Edisi 9. , Maret-April 2016

El-Moekry, Mukholim. (2004). Membina Anak Beraqidah Kokoh, Cet.II; Jakarta Selatan: Wahyu Press.

Hasan, Purwakania, B. Aliah. (2006). Psikologi Perkembangan Islam: Menyingkap Rentang Kehidupan Manusia dari Prakelahiran Hingga Pascakematian, Ed. I. Cet. I; Jakarta: PT. Raja Grafido Persada.

Hasnahwati. (2019). Urgensi Pendidikan Islam Pada Anak Usia Dini Dalam Membentuk Kepribadian Islami. Jurnal Andi Djemma Jurnal Pendidikan, Vol/ 2, No. 2:19-29.

Mudzakkir, Jusuf dan Mujib, Abdul. (2006). Ilmu Pendidikan Islam, Ed.I, Cet.I; Jakarta:Kencana.

Rofhidah, Siti (2007) Membentuk Anak Shaleh; Panduan Praktis Pendidikan Anak Usia Dini-Remaja Agar Menjadi Anak Shaleh. Cet.I. Ciputat: Wadi Press.

Syah Muhibbin. (2006). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Ed. Revisi, Cet. XII, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yusanto, Ismail, Muhammad, dkk. (2004). Menggagas Pendidikan Islami, Cet. I. Bogor: Al-Azhar

Zakiah Daradjat. (2009). Ilmu Jiwa Agama, Jakarta : PT Bulan Bintang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Univeritas Andi Djemma

P-ISSN: 2622-6537

E-ISSN: 2622-8513

Jurnal Andi Djemma, Jurnal Pendidikan