PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM RANGKA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 5 TAHUNA

Manumpil Isye Febyana

Abstract


Dalam penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah yang melibatkan guru sebagai pendidik dan siswa sebagai peserta didik, diwujudkan dengan adanya interaksi belajar mengajar atau kegiatan pembelajaran. Kurikulum secara berkelanjutan disempurnakan untuk meningkatkan mutu Pendidikan dan berorientasi pada kemajuan sistem Pendidikan Nasional, tampaknya belum direalisasikan secara maksimal. Sejalan dengan itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa perlu dilihat apa saja yang mempengaruhi proses belajar mengajar di SMP negeri 5 Tahuna yaitu metode mengajar, relasi guru dengan siswa, relasi siswa dengan siswa, disiplin sekolah, pelajaran dan waktu sekolah, metode belajar serta lingkungan masyarakat seperti kegiatan siswa dalam masyarakat, teman bergaul, dan bentuk kehidupan masyarakat. Untuk dapat memecahkan kesulitan yang dialami oleh guru dan siswa ini, maka dibutuhkan suatu model pembelajaran yang pas dan dapat menyediakan alat yang cukup dalam melaksanakan proses belajar mengajar, mengurangi ketertinggalan oleh siswa lain, membantu siswa untuk memecahkan masalah dengan baik dan cepat. Model pembelajaran yang dimaksud adalah model pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran dimana siswa belajar kelompok-kelompok kecil yang memiliki tingkat yang berbeda, yang secara bersama-sama saling membantu dalam mengerjakan tugas. Berhasil tidaknya suatu Kegiatan Belajar Mengajar tergantung dari cara guru mengajar dan mengolah kelas sebelum KBM dimulai.

Keywords


Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Etinsolida dan Rajarjo. 2008. Cooperative Learning. Model Pembelajaran IPS. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

H. Isjoni. (2009). Cooperative Learning. Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung. Alfabeta

Izak Rumyantenan. (1998). Mendengarkan Suara Empati Dalam Korelasi Konseling. Menurut Carl Ransom Roger. (Skripsi STF-Seminar Pineleng Manado).

Ibrahim M. Dkk. (2007). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya; Universitas Negeri Surabaya.

Lie, Anita. (2008). Coperative Learning. Jakarta Grasindo.

Madya S. (1994). Panduan Penelitian Tindakan. Yogyakarta. Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.

Maleong. (1995). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta. Proyek P2LPTK. Dirjen Dikti DEPDIKBUD.

Makarawung, E, (2000). Tipe Pendekatan STAD Dalam Pembelajaran Lingkaran. SKRIPSI Tondano Unima.

Munawar Indra. (2009). Sudirman, A. M. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persaja.

M. Ngalim Purwanto (2004). Prinsip-Prinsip dan Tekhnik Evaluasi Pengajaran. Penerbit PT. Remaja Rosdakarya-Bandung 1984-2004

Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sudjana. (1992). Metode Statistik. Bandung. Tarsito.

_______”Jigsaw. Cooperative Learning For EFL Student”. Cross Curents, 19:1. Summer 1992

Model Penilaian SMK, (online), (http://www/geocities/model-penilaian-smk.pdf, diakses pada tanggal 12 Desember 2011).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Univeritas Andi Djemma

P-ISSN: 2622-6537

E-ISSN: 2622-8513

Jurnal Andi Djemma, Jurnal Pendidikan