PERANAN KEDISIPLINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MAN 1 PALEMBANG

Maryance Maryance

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui peranan kedisiplinan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 1 Palembang dan mengetahui prestasi belajar siswa pada mata Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Sampling yang di dapat adalah kelas X.1, dan XII. MIPA 2 dengan jumlah 60 siswa. Tehnik pengumpulan data yang dipergunakan dokumentasi, observasi, dan angket, adapun analisis data diolah dengan cara kuantitatif. Data kuantitatif itu selanjutnya diolah dengan statistik deskriptif. Hasilpenelitianpertama, Pertama, peranan kedisiplinan guru Pendidikan Agama Islam berada dalam ketegori sedang atau baik. Dilihat dari skor tinggi dengan rentang nilai 81 - 100 sebanyak 2 orang atau 3,3%, skor sedang dengan rentang nilai 75 - 80 sebanyak 57 orang atau 95%, dan skor rendah dengan rentang nilai 0 - 74 sebanyak 1 orang 1,7%. Kedua,prestasi belajar siswa pada mata Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Palembang berada dalam ketegori sedang atau baik. Dilihat dari skor tinggi dengan rentang nilai 81 - 100 sebanyak 3 orang atau 5%, skor sedang dengan rentang nilai 75 - 80 sebanyak 55 orang atau 92%, dan skor rendah dengan rentang nilai 0 - 74 sebanyak 2 orang 3%.

Keywords


Kedisiplinan, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Hasibuan. (2015.Pendidikan Agama Islam. Bandung : Alumni.

Ilyas Musa. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Johnson. (2013). Kompetensi Guru. Jakarta : Pustaka Abadi.

Kunandar. (2009). Guru Profesional. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. K Rian. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Moh. Roqib dan Nurfuadi. (2010). Manajemen Pendidikan di Sekolah.Jakarta : Rineka Cipta.

Mulyadi. (2016). Profesionalisme Guru. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Muslich. (2016). Disiplin dan Kinerja Guru. Jakarta : Rineka Cipta.

Sagala Syaiful. (2011). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan.Bandung : Alfabeta.

Saudagar dan Idrus. (2016). Kurikulum Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sunhaji. (2009). Kurikulum Pendidikan, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Syafaruddin dan Irwan Nasution. (2015). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan (Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia). Jakarta : Rineka Cipta.

Thoha. (2013). Kinerja Pendidik. Jakarta : Rineka Cipta.

Zulhamdi. (2013).Pendidikan dan Pembelajaran. Yogyakarta : Mitra Cendikia Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Univeritas Andi Djemma

P-ISSN: 2622-6537

E-ISSN: 2622-8513

Jurnal Andi Djemma, Jurnal Pendidikan