PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI UMUM (PTU)

Ratna Rahim

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yakni menggunakan beberapa pendekatan, pertama pendekatan paedagogis adalah untuk mengetahui kemampuan pendidik yang meliputi pembinaan Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum, kedua pendekatan teologis normatif yang digunakan untuk memahami kerangka teologis sebagai landasan dosen dalam meningkatkan mutu dan SDM di Perguruan Tinggi. Ketiga pendekatan Yuridis tentang perguruan tinggi sebagai satuan pendidikan harus dimiliki sebagai pedoman penyelenggara, struktur organisasi dan peningkatan mutu pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam bagi mahasiswa sangat penting sebagai implementasi dari ajaran agama Islam di Perguruan Tinggi Umum (PTU) dengan proses pembelajaran seperti kegiatan kokurikuler dan kegiatan keagamaan lainnya. Pendidikan agama Islam di perguruan Tinggi Umum sangat berbeda dengan Perguruan Tinggi yang berbasis keagamaan seperti UIN, IAIN dan STAIN.

Keywords


Problematika, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi, Nur Uhbiyati. (2001). Ilmu Pendidikan, Cet. II; Jakarta Rineka Cipta,

Abuddin Nata, Metodologi Studi Islam, Edisi Revisi 12; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Abd. Rahman Getteng. (2010). Menuju Guru Profesional dan ber-Etika, Cet. III; Yogyakarta: Graha Guru Printika,.

Ahmad Tafsir. (2010). Ilmu Pendidikan dalam Prespektif Islam, Cet. IX; Bandung.

Bahaking Rama, Sejarah Pendidikan dan Peradaban Islam dari Masa Umayah Hingga Kemerdekaan Indonesia, Cet. I; Yogyakarta: Cikrawala, 2011

Departemen Pendidikan dan kebudayaan. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi III, Cet. I; Jakarta; Balai Pustaka.

Harsono. (2008). Model-Model Pengelolaan Perguruan Tinggi Perspektif Sosiopolitik, Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Marwan Saridjo. (2011). Pendidikan Islam dari Masa ke Masa; Tinjauan Kebijakan Publik Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia, Cet. II; Bogor: Yayasan Ngali Aksara dan al Manar Press.

Miftahu A’la. (2010). Quantum Teacing, Cet. I; Jogyakarta: Diva Press.

Muhaimin. (2009). Rekonstruksi Pendidikan Islam dari Paradigma Kelembagaan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum Hingga Strategi Pembelajaran, Edisi I, Cet. I; Jakarta: Rajawali Pers.

Muhaimin. (2009). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, Edisi I, Cet. III; Jakarta: Rajawali Pers.

Perguruan Tinggi Agama Islam. (2002). Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum, Jakarta.

Rahmat. (2010). Pendidikan Insan Kamil Berbasis Sufisme Syaththariah. Bandung: ADPISI Press, 2010.

Ratna Rahim. (2010). Tesis; Implementasi Profesionalisme Dosen Pendidikan Agama Islam dalam Proses Pembelajaran di Universitas Andi Djemma Palopo, 2012.

Redja Mudyahardjo. (2010). Filsafat Ilmu Pendidikan suatu Pengantar, Cet. VI; Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syahidin, Andy Hadiyanto dkk. (2014). Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi Umum, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.

Syafruddin Nurdin. (2005). Guru Profesional & dan Implementasi Kurikulum, Cet. III; Penerbit Quantum Teaching.

Sardiman A.M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Edisi I, Cet. XIV; Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syahrizal Abbas. (2009). Manajemen Perguruan Tinggi: Beberapa Catatan, Cet. II; Jakarta: Kencana.

UU No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen pada Bab II Pasal 5.

Weinata Sairin. (2010). Himpunan Peraturan di Bidang Pendidikan, Cet. I; Jakarta: Jala Permata Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Univeritas Andi Djemma

P-ISSN: 2622-6537

E-ISSN: 2622-8513

Jurnal Andi Djemma, Jurnal Pendidikan