MANAJEMEN PENDIDIKAN DI INDONESIA SEBAGAI IMPLEMENTASI TRIPLE HELIX UNTUK MEMPERSIAPKAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Sumartono Sumartono, Nuril Huda

Abstract


Budaya Indonesia saat ini memasuki era revolusi industri 4.0 yang mengharuskan semua sumber daya diintegrasikan dan memiliki konektivitas ke teknologi, komunikasi, dan data besar untuk menciptakan produk dan layanan cerdas. Sistem pendidikan di Indonesia termasuk dalam sistem ini. Dunia pendidikan, dunia bisnis, dan pemerintah harus bekerja secara diam-diam dalam sistem triple helix untuk menciptakan peluang baru untuk mencapai Indonesia Emas 2045. Menurut Etzkowitz & Leydesdorff triple helix adalah tempat akademisi dengan sumber daya, ilmu pengetahuan dan fokus teknologi tentang menghasilkan berbagai temuan dan inovasi yang berlaku. Kapitalisasi bisnis yang memberikan manfaat ekonomi dan manfaat bagi masyarakat. Pemerintah menjamin dan menjaga stabilitas hubungan mereka dengan regulasi yang kondusif. Faktanya adalah, meskipun Indonesia dianggap baik dalam menghasilkan lulusan dari berbagai universitas, tenaga kerja para sarjana belum terserap dengan baik dalam pekerjaan revolusi industri 4.0, yang sekarang hampir semuanya bersinggungan dengan teknologi digital. Untuk alasan ini, universitas sebagai penyedia pendidikan harus mulai merevolusi manajemen pendidikan mereka dengan bermitra dengan universitas atau perusahaan secara lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan industri yang berdaya saing global, menyediakan kurikulum berbasis kompetensi yang kritis, praktis, sensitif dan adaptif untuk perubahan yang cepat dalam lingkungan industri dan ekonomi, dan menekankan pentingnya penguasaan data dan teknologi informasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan data dan observasi, dengan studi literasi sebagai tambahan. Penelitian ini mengharapkan kemampuan universitas dalam mengelola pendidikan untuk mempersiapkan lulusan mereka di era revolusi industri 4.0.

Keywords


Manajemen Pendidikan, Revolusi Industri 4.0, Triple Helix

Full Text:

PDF

References


D.Irianto. (2017). Industry 4.0; The Challenges of Tomorrow, Presented at the National Seminar Industrial Technology, Batu-Malang

Etzkowitz & Leydesdorff. (2000). The Triple Helix in the context of global change: dynamics and challenges

Gert W. Thoma. (2000). Indonesian-German Programme on Economic and Human Resource Development. Jakarta: GTZ

Hermann, M., Pentek, T., & Otto, B. (2016). Design Principles for Industrie 4.0 Scenarios, Presented at the 49th Hawaiian International Conference on Systems Science.

Klaus Schwab. (2016). The Fourth Industrial Revolution.

Steven Berlin Johnson (2010). Where Good Ideas Come from: The Natural History of Innovation.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Univeritas Andi Djemma

P-ISSN: 2622-6537

E-ISSN: 2622-8513

Jurnal Andi Djemma, Jurnal Pendidikan