PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANAEGARAAN SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN MINAT BERLAJAR SISWA DIKELAS VII SMPN 1 TALIBURA

Gustav Gisela Nuwa, Gisela Nuwa, Nur Chotimah

Abstract


Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui peran guru pendidikan kewarganegaraan sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar siswa. Selain itu juga untuk mengetahui faktor penghambat guru pendidikan kewarganegaraan dalam meningkatkan minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian kualitatif adalah:suatu pendekatan yang juga disebut pendekatan investigasi kerena biasanya penelitian mengumpulkan data dengan cara bertatap muka langsung dan berinteraksi dengan orangorang ditempat penelitian. Hasil penelitian ditemukan berkaitan dengan peran guru PKn sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar siswa adalah, metode pembelajaran yang bervariaf, membangun semangat kompetitif positif antar sesama siswa, melakukan remedial, memberi penilaian dalam bentuk angka, mengembalikan hasil belajar, memberi hadiah, pujian, hukuman. Sedangkan faktor penghambat peran guru PKn dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu: 1. Faktor Intrinsik / dari dalam diri siswa yang terdiri dari dua aspek yakni aspek jasmani yang mencakup kondisi fisik/kesehatan jasmani dari individu siswa dan aspek psikologis (kejiwaan), 2. Faktor ekstrinsik / dari luar diri siswa yang meliputi lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.


Keywords


role of Civics teacher, interest in learning.

Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum. Prestasi Pustakarya. Jakarta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitia Suatu Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

A Idzhar. (2016). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa. Ahmad Idzhar. SMK Negeri 1 Bantaeng.

A Puji Asmaroini. (2016). Kewajiban Guru Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Didiharyono, D., Ovan, O., & Fakkah, B. (2021). Integrasi Keilmuan antara Sains & Teknologi dengan Agama (Suatu Konsepsi dalam Upaya Mengikis Dikotomi Ilmu). Masyarakat Cita, Konsepsi & Praktik, 29-46.

Fauzi F. Y AriantoI, Solihatin E. (2013). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalasm Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik.Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan . Unj Online.1(2): 2337-5205.

GA Wardani. (2017). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Aqidah Akhlaq Kelas 2 H. Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2.

Lestari Dewi. (2010). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa.

Maliyono, (2016). Peran guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam meningkatkan minat belajar siswa di Kelas VII SMP Negeri 1 Maumere.

Habel. (2015). Peran Guru Kelas Membangun Perilaku Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar 005 di Desa Setarap Kecamatan Malinau Selatan Hilir Kabupaten Malinau.Jurnal Sosiologi Vol 3, No. 2, 2015: 14-27.

Slameto. (2013).Belajar dan Faktor Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto. (2016). Peran guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Kelas VII SMP Negeri 1 Maumere.

Sardirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Syamsidah, S., Ratnawati, T., Qurani, B., & Muhiddin, A. (2021, January). Peningkatan Kualitas Profesionalisme Guru dengan Pelatihan Model Model Pembelajaran. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

The Liang Gie dan Buddy Ibrahim. (2011). Administrasi Perkantokaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Tidjan (2010). Tentang perbedaan peneyesuain diri siswa laki-laki dan perempuan siswa SMA Negeri 9 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2010.http:// etd.ugm.ac.id/indeks.html. Di unduh pada tanggal 14 frebuari 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Univeritas Andi Djemma

P-ISSN: 2622-6537

E-ISSN: 2622-8513

Terindeks by :

dimensions.png