Implementasi Kebijakan Tanggung Jawab Dan Profesionalisme Guru Sebagai Pendidik Bagi Kemajuan Pendidikan Islam

Tatang Sudrajat, Nurwadjah Ahmad EQ, Andewi Suhartini

Abstract


Salah satu aspek yang sangat kontributif bagi perkembangan dan kemajuan suatu bangsa adalah pendidikan. Berkaitan dengan itu, peran guru sebagai pendidik di semua jenjang dan jenis pendidikan, termasuk pendidikan agama sangat penting dan strategis. Dengan metode penelitian kepustakaan dan yuridis normatif, tampak bahwa terdapat tuntutan yang besar kepada seseorang yang telah berkhidmat sebagai pendidik, untuk dapat tampil sebagai guru ideal dan profesional. Terdapat tuntutan kepada dirinya sebagaimana diamanatkan oleh ketentuan Quran dan Hadits untuk berperan secara bertanggungjawab. Tanggungjawab sebagai guru, aktualisasinya akan sangat berkaitan dengan kompetensinya ketika berinteraksi dengan peserta didik serta dengan masyarakat luas. Terdapat beberapa substansi perundang-undangan yang mengatur tentang peran penting peran guru yang bertanggungjawab, ideal dan profesional.

Keywords


Tanggung Jawab, Profesionalisme, Guru.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Nurwadjah dan Roni Nugraha. (2018). Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. Menyingkap Pesan-Pesan Pendidikan Dalam Al-Quran. Bandung : Penerbit Marja.

Arifin, Yanuar. (2018). Pemikiran-Pemikiran Emas Para Tokoh Pendidikan Islam. Dari Klasik Hingga Modern. Yogyakarta : IRCiSoD.

Didiharyono, D., Ovan, O., & Fakkah, B. (2021). Integrasi Keilmuan antara Sains & Teknologi dengan Agama (Suatu Konsepsi dalam Upaya Mengikis Dikotomi Ilmu). Masyarakat Cita, Konsepsi & Praktik, 29-46.

Gerston, Larry N. 2010. Public Policy Making. Process and Principles. Third Edition. Armonk New York : M.E. Sharpe.

Hasbiyallah dan Nayif Sujudi. 2019. Pengelolaan Pendidikan Islam. Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mannuhung, S., & Tenrigau, A. M. (2018). Peran Pendidikan Islam Dalam Mewujudkan Etika Politik. Jurnal Andi Djemma| Jurnal Pendidikan, 1(1), 27-35.

Nata, Abuddin. 2000. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta : RajaGrafindo Persada.

Nizar, Samsul dan Muhammad Syaifudin. 2010. Isu-Isu Kontemporer Tentang Pendidikan Islam. Jakarta : Kalam Mulia.

Parson, W. (1997). Public Policy. An Introduction to The Theory and Practice of Policy Analysis. Cheltenham : Edward Elgar.

Sergiovanni, Thomas J. dkk. (1987). Educational Governance and Administration. New Jersey : Prentice Hall.

Syamsidah, S., Ratnawati, T., Qurani, B., & Muhiddin, A. (2021, January). Peningkatan Kualitas Profesionalisme Guru dengan Pelatihan Model Model Pembelajaran. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Tafsir, Ahmad. (2017). Filsasat Pendidikan Islami. Integrasi jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia. Bandung : Remaja Rosdakarya.

‘Ulwan, Abdullah Nashih. 2018. Pendidikan Anak Dalam Islam (Penerjemah : Arif Rahman Hakim, Lc.). Solo : Insan Kamil.

UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

PP Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru

PP Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.

Peraturan Mendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Univeritas Andi Djemma

P-ISSN: 2622-6537

E-ISSN: 2622-8513

Terindeks by :

dimensions.png