PENDIDIKAN ISLAM DI MASA TURKI USMANI

Hasnahwati Hasnahwati

Abstract


Dalam sejarah umat Islam, Turki memiliki peranan yang sangat penting, terutama dalam pengembangan wilayah (Futuhat) Islam.Turki pernah menjadi negara adikuasa di dunia, yaitu ketika berada dipuncak keemasannya pada masa kerajaan Ottoman. Turki juga membuka kunci sejarah panjang, yakni menaklukkan Constantinopel (Istambul). Mengakhiri kekuasaan kekaisaran Romawi Timur (Byzantium), dan selanjutnya membawa sejarah besar dalam bidang Arsiktektur, Kebudayaan dan Ekonomi. Puncak keemasan Turki Usmani pada masa pemerintahan Sulaiman I yang terkenal dengan sebutan Sulaiman Agung dan Sulaiman Al-Qanuny. Era kepemimpinan Usmani dianggap sebagai era kekhalifaan Usmani yang paling jaya berkat kebangkitan sains yang diikuti penemuan ilmiah dan Geografis Eropa, sementara Khilafah Usmani telah meninggalkan jauh negara-negara Eropa dibidang militer, sains, politik. Adapun Materi pengajaran atau kurikulumnya yang diajarkan di masjid-masjid dan madrasah-madrasah yaitu pendidikan agama seperti ilmu Fiqih, Tafsir, Bahasa Arab dan lain-lain. Sedangkan metode pengajarannya masih bersifat tradisional yakni dengan menghafal matan-matan. Hingga pada masa pergerakan yang terakhir, masa pembaharuan pendidikan Islam di Mesir dan Syria (Tahun 1220 H./1805 M.), telah dimulai diadakan perubahan sistem di sekolah-sekolah (madrasah) dengan memasukkan pelajaran umum, sedangkan di masjid-masjid masih menurut sistem lama. Masa Turki Usmani membagi pendidikan masa ini dalam dua periode, yaitu Zaman Pertengahan dan Zaman Modern. Turki Usmani mengalami masa kejayaan sejak permulaan sampai masa pemerintahan Sulaiman, dan setelah Sulaiman, Usmaniyah mengalami kemunduran. Metode yang digunakan dalam penulisan ini, deskriptif kualitatif, penulis mengungkapkan fakta sejarah yang terjadi pada masa Turki Usmani, melalui kajian pustaka.

Keywords


Pendidikan Islam, Turki Usmani

Full Text:

PDF

References


Fauzan. (2005). “Menimbang Sisi Positif Pelunya Pembaharuan Pendidikan Islam”, dalam Suwito dan Fauzan (Ed). Sejarah Sosial Pendidikan Islam. Ed.I. Cet. I; Jakarta: Kencana.

Harb, Muhammad. (2004). Mudzakkiratu al-Sultan ‘Abdul Hamid. Diterjemahkan oleh Abdul Halim dengan judul Catatan Harian Sultan Abdul Hamid II, Cet.I; Bogor: Pustaka Thariqul Izzah.

Hawari, Muhammad. (2005). Re-Ideologi Islam, Membumikan Islam sebagai Sistem. Cet. I; Bogor: Al Azhar Press.

Lapidus, M. Ira. (2000). A Hisyoty of Islamic. Diterjemahkan oleh Ghufron A. Mas’adi dengan judul Sejarah Sosial Ummat Islam. Ed. I, Cet. II; Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada.

An-Nabhani, Taqiyuddin. (2002). Nizhamul Hukmi Fil Islam. Diterjemahkan oleh Moh. Maghfur Wachid dengan judul Sistem Pemerintahan Islam, Doktrin Sejarah dan Realitas Empirik. Cet. I; Bangil: Al-Izzah.

.( 2003). Al-Syakhshiyah al-Islamiyah. Diterjemahkan oleh Zakia Ahmad dengan judul Syakhshiyah Islam, Kepribadian Islam. Cet. I; Bogor: Pustaka Thariqul’Izzah.

. (2002). Ad-Daulah Al-Islamiyah. Diterjemahkan oleh Umar Faruq dkk. Dengan judul Negara Islam, Tinjauan Faktual Upaya Rasulullah SAW Membangun Daulah Islamiyah Hingga Masa Keruntuhannya. Cet. I; Bogor: Pustaka Thariqul’Izzah.

Sunanto, Musryifah. (2003). Sejarah Islam Klasik, Perkembangan Ilmu Pengetahuan Islam. Ed. I; Jakarta: Kencana.

Syukur, Muhammad. (2004). “ Pendidikan Islam di Kerajaan Turki Usmani (II)”, dalam Abuddin Nata (Ed.). Sejarah Pendidikan Islam Pada Periode Klasik dan Pertengahan. Ed. I, Cet. I; Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada.

Tohir, Ajid. (2004). Perkembangan Peradaban di Kawasan Dunia Islam, Melacak Akar-Akar Sejarah, Sosial, Politik, Budaya Umat Islam. Ed. I, Cet. I; Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada.

Wachid, Maghfur Mohammad. “Deskontruksi Khilafah, Skenario Jahat dibalik Runtuhnya Khilafah”. Al-Wa’ie, No. 43 Tahun IV, 1-31 Maret 2004

Zallum, Abdul Qadim. (2001). Kaifa Hudimat al-khilafah, Turki, diterjemahkan oleh Abu Faiz dengan judul Konspirasi Barat Meruntuhkan Khilafah Islamiyah. Cet. I; Bangli: Al-Izzah.

Hasnahwati. (2019). Pendidikan Politik Perempuan Dalam Perspektif Islam. Jurnal Andi Djemma Jurnal Pendidikan, Vol 2, No. I:2

Mukarom. (2015). Pendidikan Islam Pada Masa Kerajaan Turki Usmani 1300-1922 M. Jurnal Tarbiya Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Vol I, No. I:3

Fauzi, Mudakir. 2009. Konsep Pendidikan Islam Turki Usmani (online), (www:dakir.workpress.com / 2009/07/22/Konsep Pendidikan Islam-Turki-Usmani) diakses 17 Agustus 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Univeritas Andi Djemma

P-ISSN: 2622-6537

E-ISSN: 2622-8513

Jurnal Andi Djemma, Jurnal Pendidikan