QATH’IYY VERSUS ZHANNIYY DALAM PERSPEKTIF KAJIAN KEISLAMAN

Muhammadong Muhammadong, Nurmila Nurmila

Abstract


Aksomatisme Alquran sudah menjadi kesepakatan para pemikir Islam sehingga tidak ada celah menggugat nilai yang dikandungnya karena posisinya sebagai qath’iyy al-tsubut. Hanya saja dapat memberi ruang munculnya interpretasi akibat dalalah yang dimiliki sebab ada yang qat’iyy dan ada juga yang zhanniyy sehingga perlu dilakukan rekontruksi. Para tokoh kajian keislaman menyepakati dalil yang qath’iyy supaya tidak terbuka wilayah ijtihad dalam melakukan interpretasi karena menyangkut hakikat keislaman sebab tujuan yang ingin dicapai adalah penyetaraan dan kebaikan bersama. Berbeda dengan zhanniyy yang notabene didominasi dengan ketentuan teknik maka tentu memberi peluang memunculkan berbagai alternatif karena hukum yang dikandung bersifat normatif sehingga membuka lebar muncul berbagai asumsi.

Keywords


Qath’iyy, Zhaniyy, Perspektif, Kajian, Keislaman

Full Text:

PDF

References


Abdurrahim, Mubarakfuri, Muhammad Abdurrahman bin, Al-, Tuhfat al-Ahwadzi Syarh Jâmi` al-Turmudzi, (Dar al-Fikr, t.t.

AL-Ghazali, Abu Hamid Al-, Mustashfa, Dar al-Kutub al-`Ilmiyyah, Beirut, 1413.

Al-Khudhari, Muhammad, (1981). Ushul al-Fiqh, Dar al-Fikr, Cet. VII,

Ali, Muhammad Abdul `Athi Muhammad, (2007). Mabâhits al-Ushûliyyah fî Taqsîmât al-Alfâzh, Dar al-Hadits, Kairo. Amal, Taufiq Adnan. (1989). Islam dan Tantangan modernitas, studi atas pemikiran Hukum Fazlur Rahman, Bandung: Mizan.

Al- Asqalani, Ahmad bin Ali bin Hajar, Fath al-Bari Syarh Shahih Al-Bukhari, Ri’asat Idarat al-Buhuts Al-`Ilmiyyah wa Al-Ifta’ wa Al-Da`wah, Saudi Arabia, t.t.

Ali, Atabik dan Ahmad Zuhdi Mudhior, Kamus Konteporer Arab Indonesia, Cet. VIII; Yogyakarta; Karya Graf Ika, T.Th. Al-`Akh, Khalid Abdurrahman. (1986). Ushul al-Tafsîr wa Qawâ`iduhu, Dar al-Nafa’is, Beirut.

Al-Anshari, Ibnu Manzhur, Lisan Al-Arab (Juz XVII; Fashal Al-Dza’harf Al-Nun)

Djamil, Fathurrahman, (1997). Filsafat Hukum Islam, Cet. II; Jakarta: logos wacana ilmu.

Ensiklopedia Hukum Islam Jilid. V; Jakarta: ikhtiar baru van hoeve, T.th

Ghazali, Muhammad, (1992). Kritik Atas Hadits Nabi Saw., Bandung, Mizan Cet. II Th.

Haqq Abadi, Muhammad Syamsul. (1979). Al-`Azhim, `Awn al-Ma`bâd Syarh Sunan Abî Dâwûd, Al-Maktabah Al-Salafiyyah.

Hanafi, Ahmad, (1970). Pengantar Dan Sejarah Hukum Islam, Cet, IV; Jakarta: Bulan Bintang.

Harun, Nasrun, (1997.). ushul fiqh, Cet. II; Jakarta: logos wacana ilmu. Harahap, Syahrin. (2015). Islam dan Modernitas, Jakarta: Kencana.

Hidayat, Komaruddin, Menafsirkan Kehendak Tuhan, Jakarta, Teraju, 2003.

Ismail, Syuhudi, (1995). Hadis Nabi, Pembela, Pengingkar, Dan Pemalsunya, Cet I; Jakarta; Guna Insani Press.

`Itr, Nuruddin. (2000). Fî Zhilâl al-Hadîts al-Nabawi: Dirasast Fikriyyah Ijtima`iyyah wa Adabiyyah Jamaliyyah, Mu`ashirah, t.p.

Ibn Qutaibah, Abu Muhammad Abdullah bin Muslim, (1972). Ta’wîl Mukhtalif al-Hadîts, Dar al-Jil, Beirut.

Khallaf Abdul Wahab, (1981). Ilmu Ushul Fiqh, Kuwait: Dar al-fikr.

__________(1972). Mashdir Al-Tasyri’ Al-Islami Fi Manashsha Fihi, Kuwait; dar al-qala.

Kandahlawi, Maulana Muhammad Zakariyya Al-,(1989). Aujaz al-Masalik, Dar al-Fikr, Beirut.

Al-Khaththabi, Busti, Abu Sulaiman Hamd bin Muhammad Al-, (1981). Ma`alim al-Sunan Syarh Sunan Abi Dawud, Al-Maktabah Al-`Ilmiyyah, Beirut.

Khalafullah, Muhammad A. (2002)., Al-Fann al-Qashashy fî al-Qur’ân al-Karîm, Jakarta: Paramadina, Cet. I.

Khan, Muhammad Mushthafa Sa`id al- (et.al.), (1993.)Nuz-hat al-Muttaqîn Syarh Risyâdh al-Shalihîn Min Kalâm Sayyid al-Mursalîn, Mu’assasah Al-Risalah, Beirut.

Ma’luef, Lois. (2002) Al-Munjid Fi Al-Lughah Wa Al-I’Lam, Cet. XXXVII; Beurut: Dar Al-Masyriq.

Munawwir, Ahmad Warson. (1997). Kamus Arab Indonesia, Cet I; Surabaya; Pustaka Progresif. Muhammad, Abdullah Rabi’ Abdullah. (2009). Mausu’at al-Tasri’i al-Islami, Kairo: al-Majlis al-A’la.

Nawawi, Muhyiddin Abu Zakariya Yahya bin Syaraf Al-, Syarh Shahih Muslim, Dar al-Fikr,

Nasution, Harun, (1979). Islam Ditinjau dari Berbagai Aspek Jilid II; Jakarta: UI PRESS,.

Ramli, Muqaran Mazahib fi Ushul, Cet. I; Jakarta : Raja GrafindoPersada, 2002.

Shihab, Quraish, dkk, Sejarah Dan Ilmu Alquran, Cet, II; Jakarta: pustaka Firdaus,

_________, Membumikan Alquran, Cet, VII; Bandung: Mizan, 1994.

Sulaiman, Asyqar, Muhammad. (2000.). Al-, Af`al al-Rasul Saw. wa Dilalatuha `ala al-Ahkam (1878). al-Syar`iyyah, Al-Manar Al-Islamiyyah, Kuwait,.

Syawkaniy, Muhammad bin Ali bin Muhammad Al- (1994). Nayl al-Awthar Syarh Muntaqa al-Akhbar Tahqiq Shidqi Muhammad Jamil al-`Aththar, Dar al-Fikr, Lebanon,.

Syahrur. (2004). Al-Kitâb wa al-Qur’ân (Terj. Mathori Al-Wustho, Dialektika Kosmos dan Manusia, Dasar-dasar Epistemologi Qur’ani), Nuansa Cendekia, Bandung, Cet. I.

Zahrah, Muhammad Abu, (1994). Ushul Fiqh, diterjemahkan oleh: Saiful ma’shun, Jakarta: Pustaka Firdaus. Zaidan, Abdul Karim, (1997). al-Wajiz fi-Ushul al-Fiqh, Baghdad: Dar al-Arabiyah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Univeritas Andi Djemma

P-ISSN: 2622-6537

E-ISSN: 2622-8513

Jurnal Andi Djemma, Jurnal Pendidikan