PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP KUALITAS, KEPUASAN DAN MANFAAT WEB SMA DHARMA WANITA 4 SIDOARJO

Sumartono Sumartono, Nuril Huda, Ninik Mardiana

Abstract


Penelitian ini dilakukan merupakan kelanjutan dari Program Pengabdian Dosen Universitas Dr. Soetomo yang telah dilakkan sebelumnya. Pada program pengabdian, tim dosen melaksanakan Pelatihan dan Pembuatan WEB SMA Dharma Wanita tersebut. Adapun keberadaan WEB tentu memerlukan evaluasi untuk mengetahui seberapa besar manfaatnya dan bagaimana tingkat kepuasan pengguna web sekolah. Dengan pendekatan persepsi tentang tingkat manfaat dan kepuasan serta dengan metode penyebaran kuesioner yang memakai skala tingkat kepuasan, akan diperoleh hasil data real dari pengguna web. Populasi peneltian tersebut adalah siswa dan guru dengan teknik penganbilan sampel random sampling, Sedangkan pengolahan data penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, dengan teknik trianggulasi teman sejawat untuk keabsahan instrumen penjaring data dan pengolahan data. Hasil yang didapat menunjukan bahwa persepsi dari segi kualitas, kepuasan, dan manfaat web bagi guru dan siswa menjukkan rata-rata di atas 75% merasa cukup baik hingga sangat baik. Selebihnya 25% menyatakan kurang dari cukup hingga tidak baik.

Keywords


pengguna web, kualitas, kepuasan, manfaat, kuantitatif

Full Text:

PDF

References


Anderson, R. Joanna K, dkk. (2009). Equality in Health Service, Empirical Analysis in Social Policy. Cambrige: Mass Ballinger Publishing Company.

Gerson, Richard F. (2004). Mengukur Kepuasan Pelanggan. Jakarrta: PPM.

Istiarni, PRD. (2014). “Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kredibilitas terhadap Minat Penggunaan Berulang Internet Banking dengan Sikap Penggunaan sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris: Nasabah Layanan Internet Banking di Indonesia)”. Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (daring). Diakses tanggal 16 November 2019.

Kemdikbud. (2018). Peta Jalan Generasi Emas Indonesia 2045 (daring). https://paska.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2018/08/170822-V.2-Generasi-Emas-2045-pdf. Diakses tanggal 29 Oktober 2019.

Pramita, Fransiska. (2010). “Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Air Minum Kemasan”. Skripsi Universitas Diponegoro, Semarang.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta Satori

-----------. (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Satori.

Sumartono, Boedi Martono, dan Syaiful Hidayat. (2020). “PPM Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan Web SMA Dharma Wanita 4 Taman, Sidoarjo”. JPP IPTEK, Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK, V.4, No.1. Surabaya: Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: RIneka Cipta.

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Wikipedia. Situs Web (daring). https://id.m.wikipedia.org>wiki.situs. Diakses tanggal 17 November 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Univeritas Andi Djemma

P-ISSN: 2622-6537

E-ISSN: 2622-8513

Jurnal Andi Djemma, Jurnal Pendidikan