PERANAN ORANG TUA MELALUI PENDEKATAN KEAGAMAAN DAN EMOSIONAL DALAM MEMOTIVASI SISWA DI SDN 437 KARIAKO KECAMATAN PONRANG SELATAN KAB. LUWU

Ratna Rahim, Nurhuda Nurhuda

Abstract


Penelitian ini adalah Peranan Orang Tua Melalui Pendekatan Keagamaan dan Emosional Dalam Memotivasi Siswa di SDN 437 Kariako Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu. Tentang (1) Bagaimana pengaruh Orang tua terhadap siswa di SDN 437 Kariako Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu, (2) Bagaimana peranan orang tua melalui pendekatan keagamaan dan emosional dalam memotivasi siswa SDN 437 Kariako Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu, Dalam konteks penelitian ini, peneliti menggunakan desain penelitian kualitatif yang bersifat eksploratif untuk menguraikan sifat dan karakter terhadap fenomena. Jumlah populasi keseluruhan adalah 212 siswa. Penelitian ini mengambil sampel satu kelas yakni kelas empat dari enam tingkatan kelas. Selanjutnya dalam pengumpulan data, penulis menggunakan cara: Library research (studi kepustakaan), Field Research (studi lapangan) sperti; observasi, dokumentasi wawancara, Kuesioner (angket). Selanjutnya peneliti menganalisis data yang diperoleh dengan teknik deduktif. teknik induktif dan teknik komperatif. Berdasarkan hasil riset dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Pengaruh Orang tua terhadap siswa di SDN 437 Kariako Kecamatan Ponrang kabupaten Luwu, cukup baik dapat diketahui pada evaluasi belajarnya di sekolah. 2. Peranan orang tua melalui pendekatan keagamaan dan emosional dalam memotivasi siswa SDN 437 Kariako Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu, terlaksana dengan baik dalam menggali potensi peserta didik demi masa depan. Sebagai penutup, dengan selesainya penelitian ini, para guru, staf secara bersama-sama meningkatkan peran dan fungsinya baik sebagai pendidik, pengajar, maupun sebagai pengelola sekolah.

Keywords


Keagaman, Emosional, Motivasi

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Abu, dkk.,( 2004) Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta,.

Alang, Sattu, (2005) Kesehatan Mental dan Terapi Islam, Cet. II; Makassar: Berkah Utami Makassar.

Daradjat, Zakiah (1993), Ilmu Jiwa agama, Cet. XIV; Jakarta: Bulang Bintang.

Daryanto, (1998), Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Apollo.

Departemen Agama RI, (2002), Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Mekar Surabaya.

Depertemen Pendidikan Nasional, (2002), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi III, Cet. 2; Jakarta: Balai Pustaka,.

Djumransah, H.M., dan Abd. Malik K (2007)., Pendidikan Islam: Menggali Tradisi Mengukuhkan Eksistensi, Cet. I; Malang UIN Malang Press.

Hasbullah (2009), Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan , Edisi Revisi VIII; Jakarta: Rajawali Pers.

Hasan, Aliah B. Purwakania (2008), Psikologi Perkembangan Islami: Menyingkap Rentang Kehidupan Manusia dari Prakelahiran Hingga Pascakematian, Edisi I, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Jalaluddin (2001), Toelogi Pendidikan, Edisi Revisi, Cet. III; Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mappa, Syamsu,( 1994) Teori Belajar Orang Dewasa, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Nata, Abuddin (2005), Filsafat Pendidikan Islam, Cet. I; Jakarta: Gaya Media Permata.

Nirwana (2008), Skripsi, Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap pembinaan Keagamaan Anak di MIN 01 Buntu Batu, kecamatan Bupon Kabupaten Luwu, Skripsi, STAIN Palopo.

Sardiman, AM, (2006) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Shar, Syeik Athiyyah,(2003), Fatwa Kontemporer Seputar Dunia Remaja, Bandung: Amzah,.

Shihab, Quraish,(1995) “Membumikan” al-Qur’an; Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Cet. X; Bandung: Mizan .

Soelaeman dan Moh. Shochib (1998), Pola Asuh Orang Tua, Cet.. I; Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana dan Ibrahim (1998), Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono, ( 2010) Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R & D, Cet. IX; Bandung: Alfabeta.

Umar, Husaen (2008), Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Edisi 2; Jakarta: Raja Grafindo Persada,.

Viendy/DSW, Proses Menuju Ibu Sejati, Majalah Ummi, edisi 8/XIII/2001.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Univeritas Andi Djemma

P-ISSN: 2622-6537

E-ISSN: 2622-8513

Jurnal Andi Djemma, Jurnal Pendidikan