URGENSI PENDIDIKAN SOSIAL ANAK DALAM PESRPEKTIF ISLAM

Hasnawati Hasnawati

Abstract


Proses sosial merupakan cara-cara berhubungan yang dapat dilihat apabila para individu dan kelompok saling bertemu dan menentukan sistem serta bentuk hubungan tersebut atau apa yang akan terjadi apabila ada perubahan yang menyebabkan goyahnya cara-cara hidup yang telah ada. Lingkungan adalah meliputi semua kondisi-kondisi dunia dengan cara-cara tertentu mempengaruhi tingkah laku dan perkembangan. Lingkungan dibagi atas tiga wujud yaitu: a. Lingkungan alam luar yaitu segala sesuatu yang ada dalam dunia ini, bukan manusia, seperti rumah, tumbuh-tumbuhan, air, ikan, hewan dan sebagainya; b. Lingkungan dalam yaitu sesuatu yang tidak termasuk lingkungan luar; c. Lingkungan sosial yaitu semua orang lain yang mempengaruhi kita. Tahap perkembangan sosial anak: a. Sejak bulan pertama  anak akan merespon rangsangan-rangsangan sosial di sekitarnya seperti kata-kata orang baligh, tertawa mereka, pemberian makanan kepadanya dan sebagainya; b. Pada tahun kedua usianya, anak akan memiliki potret yang sangat khas karena pegeteahuan sosial dan pertemannya; c. Ketika anak bertambah usia dan telah berusia antara tiga sampai empat tahun, egoisme anak akan berkurang; d. Pada usia empat tahun, anak hidup dalam kehidupan sosial yang aktif bersama teman-teman;  e.Masa akhir fase kanak-kanak, pada tahapan ini anak sudah mampu bersimpati, seperti bersimpati kepada orang lain dalam kegembiraan ataupun kesedihan mereka. Adapun pendidikan sosial anak dalam Islam yaitu: a. Penanaman prinsip dasar Kejiwaan yang mulia; b. Memelihara hak orang lain; c. Melaksanakan etika sosial; d. Pengawasan dan Kritik Sosial.

Keywords


Kata kunci : Urgensi, Pendidikan Sosial, Anak, Islam

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan terjemahannya. 2019. Departemen Agama RI. Bandung:Diponegoro

Alang, M. Sattu. 2005, Kesehatan Mental dan Terapi Islam, Cet II; Makassar: CV. Berkah Utami Makassar.

As-Sabatin Najah. 2013. Dasar-dasar Mendidik Anak Usia 1-10 Tahun, Cet.I; Bogor: Al Ashar Freshzone Publishing.

Didiharyono, D., Ovan, B., & Fakkah, B. (2021). Integrasi Keilmuan antara Sains & Teknologi dengan Agama (Suatu Konsepsi dalam Upaya Mengikis Dikotomi Ilmu). Masyarakat Cita, Konsepsi & Praktik, 29-46.

Hasnawati, H. (2019). Urgensi Pendidikan Islam Pada Anak Usia Dini Dalam Membentuk Kepribadian Islami. Jurnal Andi Djemma| Jurnal Pendidikan, 2(2), 19-29.

Hasnawati, H. (2019). PENDIDIKAN POLITIK PEREMPUAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Jurnal Andi Djemma| Jurnal Pendidikan, 2(1), 59-70.

Mannuhung, S., Tenrigau, A. M., & Didiharyono, D. (2018). Manajemen Pengelolaan Masjid dan Remaja Masjid di Kota Palopo. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 14-21.

Mannuhung, S., & Tenrigau, A. M. (2018). Peran Pendidikan Islam Dalam Mewujudkan Etika Politik. Jurnal Andi Djemma| Jurnal Pendidikan, 1(1), 27-35.

Membina Anak Beraqidah Kokoh, Cet.II; Jakarta Selatan: Wahyu Press Mudzakkir, Jusuf dan Mujib, Abdul. (2006). Ilmu Pendidikan Islam, Ed.I, Cet.I; Jakarta:Kencana.

Pajarianto, H., & Mahmud, N. (2019). Model Pendidikan dalam Keluarga Berbasis Multireligius. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(2), 254-266.

Rofhidah, Siti (2007) Membentuk Anak Shaleh; Panduan Praktis Pendidikan Anak Usia DiniRemaja Agar Menjadi Anak Shaleh. Cet.I. Ciputat: Wadi Press.

Ramadhan, Syamsuddin. 2004. Fiqih Rumah Tangga: Pedoman Membentuk Keluarga Bahagia, Cet. I; Bogor: CV. Idea Pustaka

Suwaid, Muhammad Ibnu Hafidh. 2006. Cara Nabi Mendidik Anak. Cet. II; Jakarta: All Tishom Cahaya Umat.

Ulwan Nashih Abdullah (2007). Pendidikan Anak dalam Islam, Cet.III; Jakarta : Pustaka Amani.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Univeritas Andi Djemma

P-ISSN: 2622-6537

E-ISSN: 2622-8513

Terindeks by :

dimensions.png