Transparansi Informasi Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial BPJS Kesehatan Kota Palopo
Abstract
Transparansi Informasi Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial BPJS Kesehatan Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transparansi informasi pelayanan di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Palopo. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Tompotikka Kecamatan Wara, Kota Palopo dan dilaksanakan pada bulan Februari 2020. Alasan pemilihan lokasi penelitian tersebut karena berdasarkan pengamatan di sekitar Kelurahan Tompotikka masih ada kendala yang dihadapi masyarakat perihal kartu BPJS. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi yaitu masyarakat Kec. Wara khususnya Kelurahan Tompotikka yang membutuhkan pelayanan BPJS selama bulan Januari 2020. Dengan jumlah populasi sebanyak 490 untuk dan jumllah sampel 83 0rang dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian dengan menggunakan 5 indikator Transparansi yakni keterbukaan dalam hal rapat, keterbukaan informasi, keterbukaan prosedur, keterburkaan register, dan keterbukaan dalam menerima peran serta masyarakat, disimpulkan bahwa tanggapan responden terhadap Transparansi informasi pelayanan BPJS Kesehatan Kota Palopo dikatakan baik. Akan tetapi, perlu untuk lebih ditingkatkan agar kiranya masyarakat benar-benar merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak BPJS Kesehatan Kota Palopo tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kamal, Kasmad, Muhammad Makmur, Andi Sulfiani, Syamjaya SM, and M. Chairul Basrun Umanailo. 2021. One-Stop Service A Way to Reform Public Service.
Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gaya Media.
Henry, Nicholas. 1998. Administrasi Negara Dan Masalah-Masalah Kenegaraan. Terjemahan: Luciana D. Lontoh. Jakarta: Rajawali
Lovelock,Christoper H. 1992. Managing Service : Marketing Resources. Prentice Hall. Englewood Clifts. New Jersey.
Mardiasmo. 2006. Perpajakan, Edisi Revisi. Penerbit: Andi, Yogyakarta.
Mardiasmo.2009. Akuntansi Sektor Publik,Yogyakarta: ANDI.
Mustopadijadja. 2003. Manajemen Proses Kebijakan Publi, Formulasi, Implementasi, Dan Evaluasi Kerja. Jakarta: LAN Dan Duta Pertiwi.
Ratminto Dan Atik Septi Winarsih.2013. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Riduwan. 2015. Dasar-dasar Statistika, Bandung: Alfabeta.
Rochman, Meutiah Ganie. 2008. Perubahan Pemerintah: Good Governance.
Sabarno, Hari. 2007. Memandu Otonomi Daerah Menjaga Kesatuan Bangsa. Jakarta: Sinar Grafika.
Santosa,Pandji. 2009. Administrasi Publik: Teori Aplikasi Good Governance, Revika Aditama: Bandung.
Sedarmayanti. 2010. Sumber Daya Manusia Dan Produktivitas Kerja, Cetakan Kedua, Penerbit: Mandar Maju, Bandung.
Singarimbun, Masri dan Sofian Efendi. 1995. Metode Penelitian Survai. Jakarta: Pustaka LP3ES.
Suharno,Tri. 2006. Keterbukaan Dan Keadilan. Indonesia: PT Ghalia.
Sukrisno, Agoes Dan I Cenik Ardana. 2009. Etika Bisnis Dan Profesi, Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya. Jakarta. Penerbit:Salemba Empat.
Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surakarta: UNS.
Tanjung, Abdul Hafiz. 2011. Akuntansi, Transparansi, Dan Akuntabilitas Keuangan Publik (Sebuah Tantangan).
Waldo, Dwight. 2000. Pengantar Studi Publik Administrasi. Bandung: Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.35914/ilagaligo.1140
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Journal I La Galigo : Public Administration Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
TERINDEKS BY:
Published by:
Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Andi Djemma
Address: Jalan Sultan Hasanuddin No 15 Kota Palopo, South Sulawesi
P-ISSN: 2654-4776
E-ISSN: 2684-9933
Email: ilagaligo.unanda@gmail.com/ 085242698313