EFEKTIVITAS PELAYANAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KANTOR SAMSAT LUWU UTARA

andi ni'mah Sulfiani, Andi Palaguna

Abstract


Pandemi Covid-19 merupakan masalah yang serius untuk dihadapi dan diselesaikan bersama. Pandemi tersebut berdampak pada berbagai aspek kehidupan, salah satunya pelayanan publik. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk tetap memberikan pelayanan yang efektif bagi masyarakat meskipun di tengah pandemi Covid-19. Adapun pelayanan yang efektif tersebut dilakukan dengan mengoptimalkan layanan berbasis elektronik dan memanfaatkan media sosial. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pelayanan pada Masa Pandemi Covid-19 di Kantor Samsat Luwu Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi  penelitian bertempat di Samsat Luwu Utara, Kabupaten Luwu Utara. Fokus penelitian adalah Efektifitas Pelayanan pada Masa Pandemi Covid-19 di Kantor Samsat Luwu Utara. Dalam penelitian ini penentuan informan dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi (observation), wawancara mendalam (In depth interview), dan dokumentasi. Serta teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif yakni dengan mereduksi data, menyajikan data, dan memverifikasi atau menarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sosialisasi penerapan protokol kesehatan pada pelayanan di kantor Samsat Luwu Utara sudah berjalan sebagaimana mestinya hal tersebut dapat dilihat dari sosialisasi ini mulai berjalan pada saat pemerintah mengeluarkan himbauan untuk menerapkan protokol kesehatan untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19. Sosialisasi penerapan protokol kesehatan pada pelayanan di kantor Samsat Luwu Utara berjalan efektif, samsat Luwu Utara melakukan beberapa langkah yang efektif diantaranya memaksimalkan pelayanan dimasa pandemi, penerapan protokol kesehatan harus tetap dilakukan baik oleh pegawai maupun masyarakat taat pajak sebab bukan menjadi penghalang untuk memaksimalkan proses pelayanan di samsat Luwu Utara, langkah-langkah yang dilakukan oleh Samsat Luwu Utara untuk memaksimalkan pelayanan dimasa pandemi juga perlu ditingkatkan lagi.

Keywords


Efektifitas, pelayanan, Pandemi, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Afrizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Rajawali Pers. Jakarta.

Adisasmita, Rahardjo. 2014. Manajemen Pembangunan Transportasi. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.

Danim Sudarwan. 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Erlangga. Jakarta.

Gunawan, Imam. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Bumi Aksara. Jakarta.

H.B. Sutopo. 1988. Pengantar Penelitian Kualitatif. UNS Press. Surakarta.

Hediansyah, Haris. 2010. Metedeologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Salemba Humanika. Jakarta.

Isa, R. 2009. Efektifitas Organisasi Kecematan dalam Pelayanan Publik Setelah Menjadi Perangkat Daerah. Jurnal Inovasi. Vol 6 No 04.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (MENPAN) Nomor 81 Tahun 1993 tentang Pelayanan Kepada Masyarakat.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 62 Tahun 2003 tentang tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Lexy J. Moleong. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Masri Singarimbun dan Sofian, Efendi. 1989. Metode Penelitian Survei. LP3ES. Jakarta.

Moenir.2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara. Jakarta

Sinambela L.P. 2006. Reformasi Pelayanan Publik, Teori, Kebijakan dan implementasi. Bumi Aksara. Jakarta.

R.A. Santoso. 1998. Partisipasi, Komunikasi, Persuasi, dan Disiplin Dalam Pembangunan. Alumni 1998. Bandung.

Ratminto, Atik S, W. 2006. Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar. Yokyakarta.

Riawan Tjandra, W. 2005. Peningkatan Kapasitas Pemda Dalam Pelayanan Publik. Pembaruan. Yogyakarta.

Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah

Tjiptono, Fandy. 1996. Manajemen Jasa. Andi Offset. Yogyakarta.

Tjiptono, Fa. 1996. Total Quality Management. Andi Offset. Yogyakarta.

Tjiptono, Fa. 1997. Total Quality Service. Andi Offset. Yogyakarta.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Zulian Yamit. 2002. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Ekonisia. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35914/ilagaligo.1159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal I La Galigo : Public Administration Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

TERINDEKS BY:

 

 Crossref logo     


Published by:

Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Andi Djemma

Address: Jalan Sultan Hasanuddin No 15 Kota Palopo, South Sulawesi

P-ISSN: 2654-4776

E-ISSN: 2684-9933

Emaililagaligo.unanda@gmail.com/ 085242698313