PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PERTANIAN DI DESA BENTANG KABUPATEN TAKALAR, SULAWESI SELATAN

juniansyah makmur

Abstract


Penelitian ini bertujuan buat Menganalisis korelasi antara proses pemberdayaan petani dengan taraf keberdayaan petani melalui grup tani pada grup tani di Desa Bammase Bentang Kabupaten Takalar serta menganalisis korelasi antara faktor non-publik dan faktor lingkungan menggunakan proses pemberdayaan petani pada kelompok tani di Desa Bammase Bentang Kec Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan survei. Metode survei dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel pada masing-masing kelompok dilakukan secara non-proporsional, artinya hanya sebagian anggota kelompok tani pada dua kelompok tani tadi yang akan diwawancarai serta jumlah responden disebut bisa mewakili seluruhan jumlah anggota kelompok. Seluruh anggota di kelompok para petani A akan diambil sebagai responden menggunakan jumlah sebesar 28 responden, sedangkan di kelompok petani B hanya diambil sebesar 28 responden asal jumlah keseluruhan anggota kelompok tani, sehingga jumlah keseluruhan pada kelompok tani adalah sebanyak 56 orang yang akan masuk dalam penelitian dan yang sudah dilakukan terlihat bahwa proses pemberdayaan menyampaikan sumbangsih yang mungil terhadap taraf keberdayaan. Pemberdayaan yang dilakukan oleh penyuluh hanya sebatas memberikan bantuan berupa bibit serta alat-indera produksi pertanian dan penyuluhan tentang norma bertani. Lain halnya menggunakan tingkat keberdayaan petani yang disebabkan oleh tingginya pengalaman petani pada berusaha tani.


Keywords


Pemberdayaan, kelompok pertanian, Keberdayaan Petani

Full Text:

PDF

References


Darmayanti, S. W. (2015). Studi Deskripsi Tentang Strategi Pemberdayaan Masyarakat Oleh Dinas Pertanian Kota Surabaya Dalam Peningkatan Pendapatan Masyarakat Sasaran Penerima Program Urban Farming Budidaya Lele Di Kelurahan Pakis. UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Elizabeth, R. (2008). Partisipasi sebagai Strategi Pemberdayaan Petani Miskin melalui Program Integrasi Jagung dan Ternak. SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian.

Handono, S. Y., Hidayat, K., & Purnomo, M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Pertanian. Universitas Brawijaya Press.

Indonesia, R. (2013). Peraturan Menteri Pertanian Nomor 82 Tahun 2013 Tentang Pedoman Pembinaan Kelompoktani dan Gabungan Kelompoktani. Jakarta: Kementan RI.

Kurniawan, R. (2016). Analisis regresi. Prenada Media.

Oktaviani, R., Puspitawati, E., & Novianti, T. (2006). Dampak Ekonomi Penurunan Dukungan Domestik Produk Pertanian Negara Maju dan Peluangnya Bagi Indonesia. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 3(2), 89–101.

Prawiranegara, D. (2016). Penguatan Peran Kelembagaan Petani Dalam Peningkatan Kapabilitas Petani Mengelola Inovasi Berbasis Teknologi Informasi. Bogor Agricultural University (IPB).

Prawoto, N. (2012). Model pengembangan dan pemberdayaan masyarakat berbasis kemandirian untuk mewujudkan ketahanan ekonomi dan ketahanan pangan (Strategi pemberdayaan ekonomi pada masyarakat Dieng di Propinsi Jawa Tengah). Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 8(2), 121–134.

Rachmawati, R. R. (2021). Smart Farming 4.0 Untuk Mewujudkan Pertanian Indonesia Maju, Mandiri, Dan Modern.

Rustandi, Y. (2017). Keragaan Evaluasi Fungsi Kelembagaan Kelompok Tani di Kecamatan Papar Kabupaten Kediri Jawa Timur.

Statistik, B. P. (2020). Indeks pembangunan manusia. Retrieved Februari, 18.

Suradisastra, K. (2008). Strategi pemberdayaan kelembagaan petani.

Susanti, D., Rosyani, R., & Suratno, T. (2016). HUBUNGAN TINGKAT KEPERCAYAAN ANGGOTA DAN FUNGSI KELOMPOK DENGAN EFEKTIVITAS KELOMPOK TANI DI KELURAHAN BAGAN PETE KECAMATAN KOTA BARU KOTA JAMBI. Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis, 19(2), 5.




DOI: http://dx.doi.org/10.35914/ilagaligo.1616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal I La Galigo : Public Administration Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

TERINDEKS BY:

 

 Crossref logo     


Published by:

Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Andi Djemma

Address: Jalan Sultan Hasanuddin No 15 Kota Palopo, South Sulawesi

P-ISSN: 2654-4776

E-ISSN: 2684-9933

Emaililagaligo.unanda@gmail.com/ 085242698313