Analisis Penerapan Balance Scorecard Sebagai Suatu Sistem Penilaian Kinerja Perusahaan Pada Sub Sektor Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga Periode 2018-2020

Eugine Erika Natasya, Valentine Siagian

Abstract


Di dalam perusahaan perlu adanya penilaian pada kinerja perusahaan guna mengontrol apakah perusahaan telah berhasil untuk mencapai strategi serta visi misi yang telah dibentuk oleh perusahaan. Penilaian ini membantu pihak manajemen dalam melakukan pengambilan keputusan, memperbaiki apa yang kurang baik dalam kinerja perusahaan. Penilaian kinerja perusahaan menggunakan metode Balance Scorecard sangat baik diterapkan karena metode ini menilai kinerja perusaahaan secara keseluruhan. Tujuan dari penelitian ialah melihat apakah perusahaan sub sektor kosmetik dan barang keperluan rumah tangga memiliki kinerja perusahaan yang baik pada periode 2018-2020 dengan menggunakan metode Balance Scorecard yang menilai kinerja perusahaan dengan  menggunakan perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif internal bisnis, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Hasil penelitian ini, ditemukan bahwa kinerja perusahaan pada 4 perspektif dalam perusahaan yang diteliti pada periode 2019-2018 kinerja pada perusahaan kosmetik dan barang keperluan rumah tangga termasuk kategori baik karena mendapat score sebesar 14. Tetapi pada periode 2020-2019 perusahaan mendapat score 8 hal ini dikarenakan adanya covid-19 yang masih berlangsung sampai hari ini sehingga mempengaruhi kinerja perusahaan yang mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.


Keywords


Balance Scorecard, Penilaian kinerja

Full Text:

PDF

References


Afiq, M. K., & Ardyanfitri, H. (2021). Analisis Kinerja Manajemen PT Sariguna Primatirta Tbk. Menggunakan Metode Balanced Scorecard Periode 2018-2020. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 4(2), 37–50. https://doi.org/10.15642/manova.v4i2.535

Azhari, A., & Afiat, R. N. (2022). Strategi Kualitas Layanan Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan Bengkel Resmi PT. Honda Makassar Indah. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 5(1), 45. https://doi.org/10.35914/jemma.v5i1.883

Ciptani, M. K. (2000). Balanced Scorecard Sebagai Pengukuran Kinerja Masa Depan: Suatu Pengantar. Jurnal Akuntansi & Keuangan, 2(1), 21–35. https://doi.org/10.9744/jak.2.1.pp.21-35

Djohan, M., & Breliastiti, R. (2017). Penerapan Balanced Scorecard (Markus Djohan Utama & Ririn Breliastiti). Akuntansi Bisnis, 9(1), 1–23.

Haidiputri, T. A. N. (2019). Penggunaan Metode Balance Scorecard dalam Pengukuran Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Probolinggo. Jurnal Manajemen Bisnis, 6(2), 14–23. https://doi.org/10.33096/jmb.v6i2.221

Handayani, N. (2021). Perkembangan Balance Scorecard di Indonesia. Jurnal Al-Iqtishad, 17(2), 289. https://doi.org/10.24014/jiq.v17i2.11826

Kaplan, R. S. (2012). The balanced scorecard: Comments on balanced scorecard commentaries. Journal of Accounting and Organizational Change, 8(4), 539–545. https://doi.org/10.1108/18325911211273527

Nashar, M., & Sari, Y. S. (2021). Implentasi metode balance scorecard terhadap kinerja koperasi. Akuntabel : Jurnal Akuntansi Dan Keuangan FEB Unmul, 18(1), 162–171.

Quesado, P., Guzmán, B. A., & Rodrigues, L. L. (2018). Advantages and contributions in the balanced scorecard implementation. OmniaScience, 14(1), 186–201. https://doi.org/10.3926/ic.1110

Riyana, D. (2017). Pengukuran Kinerja Perusahaan PT Indofood dengan Menggunakan Balanced Scorecard. Jurnal Sekuritas (Saham, Ekonomi, Keuangan Dan Investasi), 1(22), 42–53.

Rumintjap, M. (2013). Penerapan BSC Sebagai Tolak Ukur Pengukuran Kinerja Di RSUD Noongan. Jurnal EMBA, 1(3), 841–850.

Sagala, S. A., & Siagian, V. (2021). Penilaian Kinerja Menggunakan Metode Balanced Scorecard Pada Perusahaan Sektor Farmasi Sebelum dan Semasa Covid (2019-2020) yang Terdaftar di BEI. Jurnal Perspektif, 19(2), 145–149. https://doi.org/10.31294/jp.v19i2.11269

Tarigan, W. J., & Sinaga, M. H. (2022). Analisis Pengukuran Kinerja Untuk Mengevaluasi Perencanaan Strategis Dengan Menggunakan Balance Scorecard. Owner : Riset & Jurnal Akuntansi, 6(April), 1194–1207.

Usodo, J., Abdullah, M., & Aslie, Z. N. (2017). ANALISIS PENDEKATAN BALANCED SCORECARD MENGUKUR KINERJA PERUSAHAAN. Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 63–85.

Zuniawan, A., Julyanto, O., Suryono, Y. B., & Ikatrinasari, Z. F. (2020). MPLEMENTASI METODE BALANCED SCORECARD UNTUK MENGUKUR KINERJA DI PERUSAHAAN ENGINEERING (Study Case PT. MSE). Journal Industrial Servicess, 5(2), 251–256. https://doi.org/10.36055/jiss.v5i2.8008

Industry.co.id. 29 September 2020. Beginilah Pendapatan Emiten Personal Care dan Kinerja Sahamnya di Era Pandemi. Diakses pada 20 April 2022, dari https://www.industry.co.id/read/74770/beginilah-pendapatan-emiten-personal-care-dan-kinerja-sahamnya-di-era-pandemi

kemenperin.go.id. 20 Maret 2018. Industri Kosmetik Nasional Tumbuh 20%. Diakses pada 20 April 2022, dari https://kemenperin.go.id/artikel/18957/Industri-Kosmetik-Nasional-Tumbuh-20




DOI: http://dx.doi.org/10.35914/jemma.v5i2.1175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eugine Erika Natasya, Valentine Siagian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Fakultas Ekonomi Universitas Andi Djemma

(P-ISSN: 2615-1871/ E-ISSN: 2615-5850)

eMAIL: jemma.unanda@gmail.com/ CP: 082188150380


TERINDEKS BY:

 Crossref logodimensions.png 

 Creative Commons License
JEMMA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.