PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP ANGGARAN BELANJA MODAL KABUPATEN & KOTA PROVINSI SULAWESI SELATAN

Muhammad Syukri, Hinaya Hinaya

Abstract


Pemerintah daerah (Pemda) mempunyai hak dan kewenangan untuk menggunakan sumber-sumber keuangan yang dimilikinya sesuai dengan kebutuhan atas aspirasi masyarakat. Kewenangan tersebut merupakan bagian dari kebijakan otonomi daerah (Otda). Adanya otonomi daerah bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah, mengurangi kesenjangan masyarakat dan meningkatkan kualitas pelayanan publik agar lebih efesien dan dependensif terhadap kebutuhan, potensi maupun karateristik dan kebutuhan masyarakat di daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan ekonomi, pendapatan asli daerah, dana alokasi umum dan dana alokasi khusus terhadap anggaran belanja modal Kabupaten & Kota Provinsi Sulawesi Selatan baik secara simultan maupun secara parsial.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian terapan (applied research) dengan data kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang disediakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Hasil penelitian menunjukan bahwa pengujian hipotesis secara simultan pertumbuhan ekonomi (X1), pendapatan asli daerah (X2), dana alokasi umum (X3) dan dana alokasi khusus (X4)  berpengaruh secara terhadap anggaran belanja modal (Y). Sedangkan, pengujian model secara parsial, hanya variabel PAD (X2) yang berpengaruh secara signifikan terhadap anggaran belanja modal (Y). Sedangkan, pertumbuhan ekonomi (X1), dana alokasi umum (X3) dan dana alokasi khusus (X4) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kemajuan daerah (Y). Adapun saran yang diperlukan dalam pengembangan penelitian selanjutnya yaitu adanya penambahan variabel-variabel lainnya yang dapat mempengaruhi anggaran belanja modal seperti dana perimbangan dan investasi.

Keywords


Pertumbuhan Ekonomi, PAD, DAU, DAK, dan Anggaran Belanja Modal.

Full Text:

PDF

References


Bakhtiar. 2017. Manajemen Keuangan Daerah. Makassar: Umitoha Ukhuwah Grafika

Boediono, 2010. Ekonomi Indonesia Mau ke Mana? Kumpulan Esai ekonomi, Edisi Ketiga, Jakarta: Gramedia

Departemen Statistik. (2015). Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Link: https://www.bi.go.id/id/statistik/metadata/sekda/Documents/Produk_Domestik_Regional_Bruto_(PDRB)_rev160615.pdf. Diakses 12 Agustus 2018.

Indraningrum, T., & Rohman, A. (2011). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Alokasi Umum (DAU) Terhadap Belanja Langsung (Studi Pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Tengah) (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro)

Halim, Abdul. (2004). Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta: Salemba Empat

Halim, Abdul & Syukriy Abdullah, (2006). Hubungan dan Masalah Keagenan di Pemerintahan Daerah Sebuah Peluang Penelitian Anggaran Dan Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat

Keefer, Philip & Stuti Khemani. (2003). The Political Economy of Public Expenditures. Background paper for WDR 2004: Making Service Work for Poor People. The World Bank.

Kuncoro, Mudrajad. (2004). Otonomi dan Pembangunan Daerah. Jakarta: Erlangga

Mawarni, D., & Abdullah, S. (2013). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum terhadap Belanja Modal serta Dampaknya terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah (Studi pada Kabupaten dan Kota di Aceh). Jurnal Akuntansi ISSN, 2302, 0164.

Putra, P. G. M., & Ulupui, I. G. K. A. (2015). Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, Untuk Meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia. E-Jurnal Akuntansi, 863-877.

Syukri, Muhammad & Didiharyono. (2018). Pengaruh PAD, Dana Perimbangan Dan PMA Terhadap Tingkat Kemajuan Daerah Kabupaten Dan Kota Di Provinsi Sulavesi Selatan. Jurnal Masagena, Volume 13, Nomor, 2(1), 525-534

Tuasikal, A. (2008). Pengaruh DAU, DAK, PAD, dan PDRB terhadap belanja modal pemerintah daerah kabupaten/kota di Indonesia. Jurnal Telaah dan Riset Akuntansi, 1(2), 124-142.




DOI: http://dx.doi.org/10.35914/jemma.v2i2.245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JEMMA | Journal of Economic, Management and Accounting



Published by:

Fakultas Ekonomi Universitas Andi Djemma

(P-ISSN: 2615-1871/ E-ISSN: 2615-5850)


TERINDEKS BY:

 Crossref logodimensions.png 

 Creative Commons License
JEMMA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.