ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN MEMBELI MOTOR MEREK SUZUKI (STUDI KASUS PT. SINAR GALESONG MANDIRI KABUPATEN TORAJA UTARA)

Abedneigo C. Rambulangi

Abstract


Perilaku konsumen menunjukkan minat dalam membeli suatu produk tertentu dimana umumnya akan mengikuti proses pengambilan keputusan tertentu. Secara umum perilaku konsumen dipengaruhi dalam diri dan diluar. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui perilaku konsumen dalam memutuskan pembelian motor merek Suzuki (Studi kasus Suzuki PT. Sinar Galesong Mandiri Kabupaten Toraja Utara). Jenis penelitian yang dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dimana peneliti mengamati, mencatat dan menganalisis perilaku konsumen pada objek penelitian. Sampel yang digunakan adalah 30 orang responden. Cara menentukan responden dengan menggunakan random sampling atau sampling acak dengan data penjualan dealer selama bulan Januari s/d Desember 2017. Data dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah perilaku konsumen dalam membeli sepeda motor Suzuki adalah terkait karakter pembeli (konsumen), diperoleh sebagian besar pembeli/konsumen adalah laki-laki. Ini berarti bahwa pangsa pasar motor bagi kalangan perempuan belum maksimal. Untuk itu perusahaan perlu untuk meningkatkan manfaat dan promosi bagi kalangan perempuan agar tertarik menggunakan motor merek suzuki, Menurut umur, sebagian besar konsumen berumur 31 sampai 35 tahun. Dengan kata lain dari kelompok umur diatas 15 tahun tercapai. Ini memperkuat bahwa  keputusan membeli motor merek Suzuki dengan pertimbangan yakni kualitas dan penggunaan bahan bakar yang lebih irit.

Keywords


perilaku konsumen, keputusan membeli

Full Text:

PDF

References


Arifuddin, A. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Membeli Komputer Di Lingkungan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanuddin (Doctoral dissertation).

Arifuddin, Azwita. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Membeli Komputer Di Lingkungan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanuddin. Diss. 2012.

Buchari Alma, 2004. Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa.Alfa beta Bandung

Fandy Tjiptono, 2005. Pemasaran jasa. Bayumedia Publishing, malang

Goenadhi, Lydia. "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza di Kota Banjarmasin." Jurnal Manajemen dan Akuntansi 12.2 (2016).

Kotler Philip dan Amstrong gary, 2012. Principles of marketing Global 14thedition, New Jersey : prentice

Kotler Philip dan Keller Kevin Lane, 2012. Marketing manajemen. 14th edition, New Jersey : prentice

Kotler Philip, 2002. Manajemen pemasaran, jilid 1, edisi Milenium Prehallindo.

Mangkunegara P. Anwar 2002. Perilaku Konsumen, edisi Revis, Bandung : Refika Aditama

Noviyarto, Handy. "Pengaruh Perilaku Konsumen Mobile Internet Terhadap Keputusan Pembelian Paket Layanan Data Unlimited Internet CDMA di DKI Jakarta." InComTech 1.2 (2010): 107-129.

Nugro J. Setiadi, 2003. Perilaku Konsumen. Prenada Media Group, Jakarta

Philip Kotler dan Keller, 2007.Manajemen Pemasaran. PT Indeks, Jakarta

Philip Kotler, 1992. Perilaku Konsumen. PT Midas Surya Grafindo, Jakarta

Siswanto Sutojo, 2009. Manajemen pemasaran, Damar Mulia Pustaka, jakarta

Subianto, Totok. "Studi tentang perilaku konsumen beserta implikasinya terhadap keputusan pembelian." Jurnal Ekonomi Modernisasi 3.3 (2007): 165-182.

Sumarwan Ujang, 2002. Perilaku konsumen. Bogor, Gralia Indonesia

Sumarwan Ujang, 2003. Perilaku konsumen. Jakarta : Gralian Indonesia.

Susilo, Joko. "Analisis pengaruh media iklan terhadap pengambilan keputusan membeli air minum dalam kemasan merek Aqua pada masyarakat Kelurahan Gaum Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar." (2010).

Sutisna, 2004. Perilaku konsumen dan komunikasi pemasaran. Remaja Rosdakarya, Bandung

Tjiptono Fandy, 2008. Strategi pemasaran. Yogyakarta, Penerbit Andi

Yohanes Suhar, 2008. Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume XIII, No.2, Juli 2008 : 140-146 ISSN : 0854-9524




DOI: http://dx.doi.org/10.35914/jemma.v3i1.334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abedneigo C. Rambulangi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Fakultas Ekonomi Universitas Andi Djemma

(P-ISSN: 2615-1871/ E-ISSN: 2615-5850)


TERINDEKS BY:

 Crossref logodimensions.png 

 Creative Commons License
JEMMA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.