APLIKASI PENERIMAAN DAN PENYELEKSIAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS ANDI DJEMMA

Ahmad Ali Hakam Dani, Herlina Herlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi penerimaan dan penyeleksian mahasiswa baru di Universitas Andi Djemma. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Sistem informasi perpustakaan ini dalam perancangannya juga menggunakan metode pengembangan UML (Unified Modeling Language) yang terdiri dari Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram dan Class Diagram. Adapun software yang digunakan dalam perancangan dan pengimplementasian sistem menggunakan PHP sebagai Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun aplikasi, MySQL sebagai database, Adobe Dreamweaver sebagai editor desain web. Aplikasi penerimaan dan penyeleksian ini berbasis web yang terdiri dari dua aktor yaitu Admin dan Calon Mahasiswa Baru. Halaman aplikasi yang dapat dibuka oleh Calon Mahasiswa Baru terdiri dari: halaman login calon mahasiswa baru, halaman beranda, halaman aturan dan prosedur, halaman pendaftaran, halaman data diri, halaman kerjakan soal, sedangkan untuk Admin terdiri dari: Halaman login admin, halaman beranda, halaman data pendaftaran, halaman data nilai, halaman kelola soal, halaman cetak data pendaftaran

Keywords


Aplikasi; Penerimaan; Penyeleksian; Unified Modelling Language; PHP; MySQL; Web.

Full Text:

PDF

References


Hendrianto, Dani Eko. (2014). Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Donorojo Kabupaten Pacitan. Indonesian Journal on Networking and Security. Vol. 3, No. 4: 57-64.

Juansyah, Andi. (2015). Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assited-Global Positioning System (A-GPS) dengan Platform Android. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA). Vol. 1, No. 1: 1-8.

Madcoms. (2016). Pemrograman PHP dan MySQL untuk Pemula. Andi. Yogyakarta.

Prasetyo, Sigit.(2011). Pengembangan Sistem Informasi Penggajian. (Studi kasus: SMK Al – Firdaus). Jakarta: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah.

Rahmawati, Silvia dan Shalahuddin. Proses Seleksi Karyawan Baru Bagian Sales pada PT Mitra Sukses Bersama Berkasi. Jurnal Administrasi Kantor. Vol. 5, No. 1: 99-106.

Rosa, dkk. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Sodikin. (2011). Perancangan Sistem Penggajian dengan Hak Akses Karyawan Berbasis Web. (Studi Kasus: PK Gaya Baru). Jakarta: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah.

Susanti, Melan. (2016). Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada SMK Pasar Minggu Jakarta. Jurnal Informatika. Vol. 3, No. 1: 91-99.




DOI: http://dx.doi.org/10.51557/pt_jiit.v4i1.211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLISHED BY:

 

Engineering Faculty, Universitas Andi Djemma, Jl. Tandipau No. 5 Palopo

Email: penateknik@unanda.ac.id  |  penateknik.unanda@gmail.com

p-ISSN : 2502-8952   |   e-ISSN : 2623-2197

 

INDEXED BY:

 

 
PENA TEKNIK: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter