ANALISIS SIKAP PETANI TERHADAP PROGRAM SEKOLAH LAPANG-PENGELOLAAN TANAMAN TERPADU (SL-PTT) PADI DI KOTA PALOPO

Intisari Intisari, Hamja Abdul Halik

Abstract


Sikap menyebabkan orang-orang berperilaku secara cukup konsisten terhadap suatu obyek. Sikap menggambarkan pula kecenderungan dari seseorang untuk melakukan tindakan tertentu yang berkaitan dengan objek sikap. SL-PTT adalah sebuah program yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk mengembangkan kemampuan petani dalam mengolah lahan pertaniannya sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan petani.  Apa yang diajarkan di sekolah lapang ini tentunya diharapkan dapat diaplikasikan dalam kegiatan usahataninya.  Ilmu yang diperoleh dalam sekolah lapang dapat ditransfer ke petani lainnya untuk pengembangan bersama. Oleh karena itu, sangatlah penting jika pemerintah ingin mengembangkan dan memperbaiki pelaksanaan program ini dapat mempelajari sikap petani terhadap program SL-PTT Padi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap petani terhadap program SL-PTT Padi di Kota Palopo. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak dimana akan dipilih tiga orang petani per kelompok tani yang melaksanakan program SL-PTT Padi di Kota Palopo, yaitu 80 x 3 petani = 240 responden.  Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengukuran sikap Model Fishbein dengan menggunakan model multiatribut yaitu :Attitudeo = å bi ei.Hasil penelitian menujukkan sikap petani terhadap Program SL-PTT Padi di Kota Palopo adalah 548,23 yang artinya positif atau suka, karena berada dalam inetrval 477,41 – 626,20 (positif / suka).  Sikap ini bisa dipengaruhi oleh pengetahuan petani akan program tersebut, atau pengetahuan lainnya yang terkait dengan program tersebut.  Pengetahuan atau informasi yang diperoleh petani tentang program ini atau kegiatan-kegiatan dalam program ini cukup baik, apakah itu diperoleh dari pengalaman pribadi atau informasi dari orang lain.

Keywords


Model fishbein, program SL-PTT, sikap

Full Text:

PDF

References


Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Palopo, 2010. Capaian Kinerja Program SL-PTT Padi Kota Palopo. Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian dan Peternakan Kota palopo. Sul-Sel.

Schiffman L., Kanuk L.L.,. 2008. Perilaku Konsumen (Edisi Ketujuh). PT. Indeks, Permata Putri Media, Jakarta.

Setiadi N.J. 2015. Perilaku Konsumen (Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen, Edisi Revisi). Prenadamedia Group, Jakarta.

Sumarwan, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran). Ghalia Indonesia, Bogor.

Suryani T. 2016. Perilaku Konsumen (Implikasi pada Strategi Pemasaran). Graha Ilmu, Yogyakarta.

Peter P., Olson J.C. 2017. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (Consumer Behavior & Marketing Strategy). Salemba Empat, Jakarta.

Wawan dan Dewi. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia (Dilengkapi Contoh Kuesioner). Nuha Medika, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35914/tabaro.v1i2.26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Faculty of Agriculture

Andi Djemma University of Palopo

Address: Jalan Sultan Hasanuddin No. 15 Palopo, South Sulawesi

Email: editor.jtabaro@unanda.ac.id / miming.mlgke@gmail.com

p-ISSN : 2580-6165

e-ISSN : 2597-8632

JTAS UNANDA PALOPO Indexed by:

 

 

 

Creative Commons License

Journal TABARO UNANDA is licensed an under Creative Commons Attribution 4.0 International.

Web
Analytics 

View Journal TABARO UNANDA My Stats