FAKTOR-FAKTOR YANG MEMOTIVASI MASYARAKAT DALAM MENGKONSUMSI PRODUK OLAHAN BERBAHAN BAKU SAGU DI KOTA PALOPO

Irwan Halid, Rosnina Rosnina, Yasmin Yasmin

Abstract


Sagu menjadi salah satu bahan baku pangan lokal yang bisa dikembangkan dan jadi andalan di Provinsi Sulawesi Selatan.  Seiring dengan meningkatnya minat masyarakat untuk mengkonsumsi  panganan berbahan baku sagu, maka permintaan terhadap tepung sagu juga    meningkat.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor produk, faktor harga, faktor promosi, faktor kondisi sosial dan faktor kondisi pribadi dalam motivasi masyarakat mengkonsumsi produk olahan berbahan baku sagu di Kota Palopo, Sulawesi Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli  sampai dengan Agustus 2023 dan berlokasi di Kota Palopo.  Penentuan jumlah sampel dengan menggunakan metode Purposive dikombinasikan dengan Snowball. Dalam penelitian ini jumlah item adalah 11 item pertanyaan yang digunakan untuk mengukur 5 variabel, sehingga jumlah responden yang digunakan adalah 11 item pertanyaan dikali 5 sama dengan 55 responden. Variabel penelitian yang terdiri dari Variabel Dependent, yaitu: Y = Motivasi Konsumsi Produk Olahan Sagu, Variabel Independent, yaitu: X1 = Produk, X2 = Harga, X3 = Promosi, X4 = Kondisi Sosial, X5 = Kondisi Pribadi. Penelitian ini menggunakan model analisis regresi berganda yang bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel terhadap variabel dependen.  Hasil penelitian terdapat pengaruh variabel faktor produk, harga, promosi, kondisi sosial dan kondisi pribadi terhadap motivasi masyarakat dalam mengkonsumsi produk olahan berbahan baku sagu di Kota Palopo.  Terbukti dari pengaruh yang positif dan sangat signifikan variabel faktor produk, harga, promosi, kondisi sosial dan kondisi pribadi dengan Uji F (uji menyeluruh) terhadap motivasi masyarakat dalam mengkonsumsi produk olahan berbahan baku sagu di Kota Palopo.  Uji determinasi (R2) variabel nilai motivasi masyarakat mengkonsumsi olahan sagu yang dapat dijelaskan oleh faktor produk, harga, promosi, kondisi sosial dan kondisi pribadi sebesar 10%, dan sisanya 90% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini.  Berdasarkan hasil Uji regresi terlihat bahwa variabel faktor kondisi pribadi (X5) adalah variabel paling dominan pengaruhnya terhadap motivasi masyarakat mengkonsumsi produk olahan berbahan baku sagu.

Keywords


motivasi, konsumsi, produk, olahan sagu

Full Text:

PDF

References


Abdul Ghoni dan Tri Bodroastuti. 2011. Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologi Terhadap Perilaku Konsumen (Studi Pada Pembelian Rumah di Perumahan Griya Utama Banjardowo Semarang). 19-20.

Anwar Hidayat. 2017. Penjelasan Teknik Sampling Dalam Penelitian. https://www.statistikian.com/2017/06/teknik-sampling-dalam-penelitian.html. Di akses pada 28 Januari 2020.

Azzam Muhammad Jundi. 2015. Pengaruh Faktor Sosial, Budaya, Pribadi, dan Motivasi Terhadap Persepsi Konsumsi Pangan Pokok Non Beras di Wilayah Jakarta Timur, 19-20. Badan Koordinasi Penanaman Modal. 2010. Potensi Sagu di Sulawesi Selatan. Diunggah dari http://regionalinvestment.bkpm.go.id/newsipid/id/ commodityarea.php?i=708&ia=73. Di akses pada 28 Januari 2020.

Eko Rusdianto. 2015. Sagu Luwu, Nasibmu Kini. https://www.mongabay.co.id/2015/05/11/sagu-luwu-nasibmu-kini/. Di akses pada 2 Februari 2020.

Laksana, F. 2008. Manajemen Pemasaran (Edisi Pertama). Graha Ilmu. Yogyakarta.

Meilvis Elsworth Tahitu. 2015. Pengembangan Kapasitas Pengelola Sagu Dalam Peningkatan Pemanfaatan Sagu Di Maluku Tengah, 1-2.

Nur Hayati., Rini Purwanti., Abd. Kadir W. 2014. Preferensi Masyarakat Terhadap Makanan Berbahan Baku Sagu (Metroxylon Sagu Rottb) Sebagai Alternatif Sumber Karbohidrat di Kabupaten Luwu dan Luwu Utara, 11(1): 82-90.

Pradibtya Dwi Ayuningtias Putri. 2018. Analisis Pengembangan Usaha Sagu di Desa Pengkajoang Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. 11-13.

Rachmawati, R. 2011. Peranan Bauran Pemasaran (marketing mix) Terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian Terhadap Bisnis Restoran). Kompetensi Teknik Fakultas Teknik Jurusan Teknologi Jasa dan Produksi Universitas Negeri Semarang. 2(2): 143-150.

Schiffman, L & Kanuk. (2008). Perilaku konsumen (7th ed.) Jakarta : PT. Indeks.

Uci Yuliati. 2011. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pembelian Makanan Jajan Tradisional di Kota Malang, 1(01):10-11.

Ulus, A.A. 2013. Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Pada PT. Astra Internasional Manado. Emba Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurnal Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado. 1(4): 1134-1144.

Zainal Abidin dan Musadar. 2018. Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Pangan Lokal Sagu Di Kota Kendari Sulawesi Tenggara. ISSN 2599-0365 (Online).




DOI: http://dx.doi.org/10.35914/tabaro.v7i2.2660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Faculty of Agriculture

Andi Djemma University of Palopo

Address: Jalan Sultan Hasanuddin No. 15 Palopo, South Sulawesi

Email: editor.jtabaro@unanda.ac.id / miming.mlgke@gmail.com

p-ISSN : 2580-6165

e-ISSN : 2597-8632

JTAS UNANDA PALOPO Indexed by:

 

 

 

Creative Commons License

Journal TABARO UNANDA is licensed an under Creative Commons Attribution 4.0 International.

Web
Analytics 

View Journal TABARO UNANDA My Stats


Â