PENGGUNAAN BERBAGAI KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN KONSENTRASI PUPUK ORGANIK HAYATI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI BAWANG MERAH VARIETAS BIMA (Allium ascalonicum L.)

Ambo Upe

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan berbagai komposisi  media dan konsentrasi pupuk organik hayati (POH) terhadap pertumbuhan dan produksi bawang merah varietas Bima. Penelitian dilaksanakan dalam bentuk rancangan acak kelompok (RAK)  dengan pola factorial dua factor. Faktor pertama komposisi media terdiri dari  media 1;1;1 (tanah, sekam padi, dan kotoran sapi), media 1;2;1 (tanah, sekam padi dan kotoran sapi) dan  media 1;1;2 (tanah, sekam padi dan kotoran sapi). Faktor kedua adalah konsentrasi POH terdiri dari Tanpa POH, POH 10 ml/liter air, dan POH 30 ml/liter air.  Hasil analisis data menunjukkan bahwa: Perlakuan berbagai komposisi media tanam terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman bawang merah terbaik pada perlakuan media 1;1;2 (tanah, sekam padi dan kotoran sapi).  dengan rata-rata bobot 145,67 gram/tanaman dan  perlakuan berbagai konsentrasi POH terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman bawang merah terbaik pada perlakuan POH 10 ml/liter air dengan rata-rata bobot 113,00 gram/tanaman. Sedangkan  interaksi antara komposisi media tanam dengan konsentrasi POH terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman bawang merah terbaik pada perlakuan media 1;1;2 (tanah, sekam padi dan kotoran sapi) dengan Tanpa POH, dengan rata-rata bobot 153,33 gram/tanaman

Keywords


komposisi media, konsentrasi POH, bawang merah

Full Text:

PDF

References


Aurum, M. 2005. Pengaruh jenis media tanam dan pupuk kandang terhadap pertumbuhan setek sambang colok (Aerva sanguinolenta Blume.). (Skripsi). Institut Pertanian Bogor. Bogor.

BPS, 2015. Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. Jakarta.

BPS, 2016a. Sulawesi Selatan Dalam Angka tahun2016, Badan Pusat Statistik. Makasar.

BPS, 2016b. Kabupaten Wajo Dalam Angka tahun2016, Badan Pusat Statistik. Sengkang.

Ciptady, M. A. 2015. Budidaya Bawang Merah. Penebar Swadaya. Jakarta.

Dalimoenthe, S.L. 2013. Pengaruh media tanam organik terhadap pertumbuhan dan perakaran pada fase awal benih teh di pembibitan. Jurnal Penelitian Teh dan Kina. Vol. 16 No. 1.

Gaspersz,.1991. Metode Perancangan Percobaan. Penerbit, CV. Armico, Bandung Indonesia.Herman, 2014. Pengaruh berbagai jumla aplikasi pupuk hayati Tadabur terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman Kacang Panjang. Skripsi STIP Puangrimaggalatung Sengkang.

Purwati . E., 2018. Pengaruh Media Tanam Dan Pupuk Organik Cair Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Bawang Merah. Skripsi Jurusan Agroteknologi Universitas Lampung

Sudirja, 2007 Budidaya Bawang Putih, Bawang Merah, Bawang Bombay. Penebar Swadaya, Jakarta.

Sunarjono, H. dan Soedomo, P. 1989. Budidaya Bawang Merah. Penerbit Sinar Baru, Bandung.

Suriani, N. 2012. Budidaya Bawang Merah. Cahaya Atma Pustaka. Yogjakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35914/tabaro.v3i2.298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Faculty of Agriculture

Andi Djemma University of Palopo

Address: Jalan Sultan Hasanuddin No. 15 Palopo, South Sulawesi

Email: editor.jtabaro@unanda.ac.id / miming.mlgke@gmail.com

p-ISSN : 2580-6165

e-ISSN : 2597-8632

JTAS UNANDA PALOPO Indexed by:

 

 

 

Creative Commons License

Journal TABARO UNANDA is licensed an under Creative Commons Attribution 4.0 International.

Web
Analytics 

View Journal TABARO UNANDA My Stats


Â