Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

FORMAT PENULISAN ARTIKEL ILMIAH

TO MAEGA : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT

  KETENTUAN UMUM

 -        Artikel merupakan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan paling lama 2 tahun terakhir.

-        Artikel belum pernah dipublikasikan atau tidak dalam status telah diterima (accepted) untuk dipublikasikan pada jurnal lain.

-        Artikel diketik 1 spasi dengan menggunakan kertas kuarto (A4) dan jenis huruf Times New Roman ukuran 12

-         Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris

-        Artikel terdiri atas 10-15 halaman, termasuk daftar pustaka dan lampiran

-        Artikel dilampiri dengan pernyataan dari penulis bahwa artikel yang ditulis adalah benar-benar asli hasil karya sendiri dan tidak mengandung unsur-unsur plagiarisme

-        Artikel dikirim dalam bentuk sofcopy dengan menggunakan aplikasi Microsoftword ke email jpm.unanda@gmail.com.

  SISTEMATIKA PENULISAN

-          Judul terdiri atas 12 - 17 kata

-          Nama penulis (tanpa gelar akademis) disertai dengan alamat email dan nama institusi

-          Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.  Abstrak terdiri atas 150—200 kata dan di dalamnya diuraikan tentang masalah, metode, dan simpulan.

-          Kata kunci (keywords) ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris (masing-masing 5 sampai 7 kata).

 1. Pendahuluan

Bagian pendahuluan meliputi fakta-fakta yang melatar belakangi atau menginspirasi pelaksanaan kegiatan pengabdian masyakat; Upaya-upaya yang pernah dilakukan pihak lain; dan tujuan kegiatan pengabdian masyakat. Uraikan juga tentang masalah, persoalan, atau kebutuhan pokok dalam masyarakat dikaitkan dengan target kegiatan. (Times New Roman, normal, font size 12, spasi 1.15)

2. Metode

Meliputi menguraikan cara yang digunakan untuk menyelesaikan masalah atau persoalan masyarakat.  Dalam hal ini, dapat digunakan satu jenis metode ataupun kombinasi beberapa jenis metode.  Beberapa contoh metode sebagai berikut.

-        Pendidikan Masyarakat : digunakan untuk kegiatan-kegiatan, seperti a) pelatihan semacam in-house training; b) penyuluhan yang bertujuan meningkatkan pemahaman serta kesadaran, dan sebagainya

-        Konsultasi: digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang di dalamnya persoalan atau kebutuhan dalam masyarakat diselesaikan melalui sinergisme dengan Perguruan Tinggi

-        Difusi Ipteks: digunakan untuk kegiatan yang menghasilkan produk bagi konsumen

-        Pelatihan: digunakan untuk kegiatan yang melibatkan a) penyuluhan tentang substansi kegiatan yang disertai dengan demonstrasi atau percontohan untuk realisasinya, b) pelatihan dalam pengoperasian sistem atau peralatan, c) pembentukan kelompok wirausaha baru, d) penyediaan jasa layanan bersertifikat kepada masyarakat

-        Mediasi: digunakan untuk kegiatan yang di dalamnya pelaksana pengabdian masyakat memposisikan diri sebagai mediator para pihak yang terkait dan bersama-sama menyelesaikan masalah yang ada dalam masyarakat

-        Simulasi Ipteks: digunakan untuk kegiatan yang karya utamanya adalah sistem informasi atau sejenisnya.  Kegiatan ini ditujukan untuk menjelaskan sesuatu yang tidak dapat dilakukan secara nyata

-        Substitusi Ipteks: Digunakan untuk kegiatan yang menawarkan ipteks baru yang lebih modern dan efisien daripada ipteks lama (Ipteks berupa TTG)

-        Advokasi : digunakan untuk kegiatan yang berupa pendampingan.

-        Metode lain yang sesuai meliputi teknik pengumpulan data, teknik analisis data, lokasi, waktu, dan durasi kegiatan.

Pada bagian ini harus ditulis secara lengkap lokasi penelitian, jumlah responden/sampel, cara mengolah data atau hasil pengamatan atau wawancara atau kuesioner, cara mengukur tolok ukur kinerja; metode yang sudah umum merujuk ke buku acuan. Prosedur percobaan harus dituliskan dalam bentuk kalimat berita, bukan kalimat perintah. (Times New Roman, normal, font size 12, spasi 1.15)

3. Hasil dan Pembahasan

Pada bagian hasil dan pembahasan yaitu menjelaskan dan menguraikan tentang:

-        Model (untuk jasa, keterampilan baru, dan rekayasa sosial-budaya), dimensi dan spesifikasi (untuk barang/peralatan) yang menjadi luaran atau fokus utama kegiatan yang digunakan sebagai solusi yang diberikan kepada masyarakat, baik langsung maupun tidak langsung

-        Dokumentasi yang relevan dengan jasa atau barang sebagai luaran atau fokus utama kegiatan pengabdian masyakat (foto, tabel, grafik, bagan, gambar dsb).

Berikut contoh penulisan Tabel.

Tabel 1. Nama Tabel

No.

Uraian Kegiatan

Keterangan

1

Kegiatan pertama

berhasil

2

Kegiatan kedua

berhasil

dst

dst

dst

 Berikut contoh penulisan gambar, grafik, atau bagan,

ILUSTRASI BENTUK GAMBAR

  

Gambar 1. Pelaksanaan Kegiatan

-        Keunggulan dan kelemahan luaran atau fokus utama kegiatan apabila dilihat kesesuaiannya dengan kondisi masyarakat di lokasi kegiatan pengabdian masyakat.

Tingkat kesulitan pelaksanaan kegiatan (pelatihan, mediasi dan konsultasi, pendidikan dan  advokasi) maupun produksi barang, dan peluangnya. Pada bagian ini juga harus memuat: (1) (unsur what/how) apakah data yang disajikan telah diolah, dituangkan dalam bentuk tabel atau gambar (pilih salah satu), serta diberi keterangan yang mudah dipahami? Tuliskan temuan atau finding-nya; (2) (unsur why) pada bagian pembahasan terlihat adanya kaitan antara hasil yang diperoleh dan konsep dasar dan/atau hipotesis? Pembahasan yang dibuat harus ditunjang fakta yang nyata dan jelas; dan (3) (unsur what else) apakah ada kesesuaian atau pertentangan dengan hasil penelitian orang lain? Kegiatan pengabdian pada masyarakat juga seharusnya memiliki data hasil penelitian yang dilakukan saat pengabdian. (Times New Roman, normal, font size 12, spasi 1.15).

4. Kesimpulan

Pada bagian kesimpulan hanya menjawab permasalahan atau tujuan kegitan pengabdian masyarakat, atau dapat juga menghasilkan sebuah teori/konsep baru berdasarkan fakta/analisis yang ada. Boleh ditambahkan implikasi atau saran (opsional). Sebaiknya dituliskan dalam bentuk paragraf, bukan dalam bentuk item list/ numbering. Namun, jika terpaksa dalam item list/numbering, sebaiknya dituliskan dalam bentuk paragraph. Jangan dibagi menjadi sub-bab simpulan dan sub-bab saran. (Times New Roman, normal, font size 12, spasi 1.15).

5. Ucapan Terimakasih (Optional)

Berisi ucapan terimakasih kepada suatu instansi/subjek tertentu jika penelitian ini didanai atau mendapat dukungan oleh instansi/subjek yang dimaksud. (Times New Roman, normal, font size 12, spasi 1.15).

6. Daftar Pustaka

Kemutakhiran daftar pustaka yang digunakan untuk menjustifikasi orisinalitas atau novelty sebaiknya 10 tahun terakhir. Penulisan daftar pustaka sebaiknya menggunakan aplikasi Reference Manager (Mendeley, dll) dengan format APA (American Psychological Association).  Contohnya sebagai berikut.

Nurul, Nurjaina. (2005). Teknologi Daur Ulang Limbah Cair.  Yogyakarta: Andi Djemma Press.

Dun, S., & Burgess, J.F. (1993). Small Business Management Fundamentals. New York; McGrawhill Inc.

Aljifri, K., & Hussainey, K. (2007). The Determinant of Forward Looking Information in Annual Reports of UAE. International bussiness Review. (16)1, 1-26.

Beretta, S., Marshal, M., & Bonzzolan, S. (2004). A Framework for The Analysis of Firm Risk Communication. The International Journal of Accounting. (39)3, 265-288.

(Times New Roman, normal, font size 12, spasi 1.15).

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.