Usaha Peningkatan Penjualan UMKM Pisau Tradisional Di Desa Tonja Melalui Pendampingan Pemasaran Online

Diah Yonita Bella, Kadek Devi Kalfika Anggria Wardani, Dewa Ayu Putu Adhiya Garini Putri

Abstract


Desa Tonja merupakan desa yang terkenal dengan pengrajin pandai besi. Terjadinya wabah pandemi covid-19 dan kurangnya edukasi dalam penggunaan media sosial di Desa Tonja sebagai sarana untuk mempromosikan produk menyebabkan terjadinya penurunan penjualan produk di desa ini. Pengabdian ini berfokus pada media instagram sebagai sarana untuk penjualan produk pisau tradisional. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk pisau tradisional melalui kegiatan pemasaran online di Desa Tonja. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah wawancara dan observasi. Penurunan hasil penjualan menyebabkan desa mitra tidak dapat menjalankan usahanya seperti dahulu. Melalui serangkaian kegiatan pengabdian yang dilakukan secara terencana terjadi  peningkatan penjualan produk pisau tradisional dan pengetahuan pengelola UMKM dalam menerapkan pemasaran secara online serta pembuatan konten produk pisau tradisional yang menarik. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan melalui pengabdian kepada masyarakat ini dapat membantu untuk memanfaatkan media sosial yang ada dan dapat menjadi peningkatan pada penjualan produk pisau tradisional.


Keywords


Peningkatan Penjualan, Pemasaran Online, Pengabdian Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Diatmika, I. A. S. T., & Yahya, A.S. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Usaha Kerajinan Gerabah Pada Masa Pandemi Covid-19. Batara Wisnu: Indonesian Journal of Community Services, 1(2), 234-245. http://batarawisnu.gapenas-publisher.org/index.php/home/article/view/48

Fitriyanti F., Astuty I. (2021) Pengembangan Pemasaran Online UMKM Almeera Emping Dalam Rangka Meningkatkan Produktivitas Di Masa Pandemi Covid 19. 27(3)

Mansir, F., & Purnomo, H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid-19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Abdimas Singkerru, 1(1), 39-50.

Ngibad, K., Sembilu N., & Syahrani Putri. (2021). Pendampingan Pemasaran Online di UD Madani Makmur Sidoarjo Training and Mentoring About Online Marketing at UD Madani Makmur Sidoarjo. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian (Vol. 2).

Novitasari, A. T., Wijayanti, R., Sholeh, Y., & Wijayanti, R. (2021). MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sosialisasi Strategi Pemasaran Kerajinan Souvenir Menggunakan Media Online di Era Pandemi Virus Covid-19. 4, 190-196. https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/matappa/article/download/920/447

Prasetya, A. Y., Sugiharti, S., & Fadhila, Z.R. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Desa Boja. BUDIMAS: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(1). http://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/1628

Qurhtuby M., Fahira D., Agustina E. (2021) Digital Marketing Implementation : Implementasi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Industri Di Kelurahan Tangkerang. 63-068, 05(02).

Rizaldi, T., & Putranto, H.A. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Marketing dan Branding pada UMKM. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2, 56-59.

Santoso, M., Damayanti, B.P., Fatimatul, A., Lianawati, D., Utami, I. R., M, T. S. D., Aristina, V.D. (2021). Penerapan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Pengrajin Gerabah Tanah Liat Kedungsari di Kabupaten Kediri (Vol. 2). https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/download/84/59

Saputra M., Sari N., & Rafiq M. (2022) Pelatihan Inovasi Produk Serta Strategi Pemasaran Pada UMKM Bubuk Jahe di Masa Pandemi Covid 19. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 142,5(1).

Sidyawati L., Faizal A., & Nufus F. (2021) Pelatihan Kewirausahaan Pemasaran Online Produk Usaha Penduduk Desa Donowarih Kabupaten Karangploso. Community Development Journal, 2(3).

Suryadi. (2021). Pande Besi, Profesi Sekaligus Swadharma bagi Leluhur. Nusabali.Com, p. 1. Retrieved from https://www.nusabali.com/berita/95535/pande-besi-profesi-sekaligus-swadharma-bagi-leluhur

Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42-47. https://doi.org/10.31603/ce.4244

Zanuar Rifai, & Meiliana, D. (2020). Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi UMKM Terdampak Pandemi Covid-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(4), 604-609. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.540




DOI: http://dx.doi.org/10.35914/tomaega.v5i3.1093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Diah Yonita Bella

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Andi Djemma, (P-ISSN: 2622-6332/ E-ISSN: 2622-6340),

Email: tomaega.unanda@gmail.com/ CP: 082188150380


TERINDEKS BY:


Crossref logodimensions.png 

 Creative Commons License
To Maega is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.