Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Inovasi Pembelajaran Berbasis HOTS untuk Mengembangkan Berpikir Ktitis dan Kreatif Siswa

Ribut Wahyu Eriyanti, Yus Mochamad Cholily, Masduki Masduki

Abstract


Abad 21 ditandai dengan perubahan yang sangat cepat akibat teknologi digital, termasuk bidang pendidikan. Guru harus berinovasi agar dapat menciptakan kondisi yang mendorong siswa berkembang daya pikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif. Guru SMP Muhammadiyah 8 Kota Batu perlu dikembangkan kreativitasnya agar dapat mengembangkan daya kritis dan kreatif siswa. Tujuan kegiatan ini melatih dan mendampingi guru mengembangkan kreativitasnya dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran HOTS untuk mengembangkan daya kritis dan kreatif siswa. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode pendampingan dan pelatihan model pembelajaran inovatif berbasis HOTS melalui lesson study for learning community bagi guru Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa pelatihan dan pendampingan pembelajaran inovatif berbasis HOTS melalui pendampingan lesson study kolaboratif (Lesson Study for Learning Community) guru-guru lebih kreatif dalam merancang, melaksanakan pembelajaran, dan evaluasi secara HOTS. Guru kreatif memilih permasalahan untuk mengembangkan kemampuan siswa mengidentifikasi masalah dalam belajar; merancang langkah-langkah pembelajaran yang dapat membimbing siswa berpikir kritis dan kreatif;  memilih dan merancang bahan ajar, mengembangkan, dan memanfaatkan media pembelajaran;  dan menyusun instrument penilaian pembelajaran untuk memandu siswa belajar dan berpikir tingkat tinggi. Di samping itu, guru menjadi lebih terbuka dengan sesama kolega dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran, bahkan dalam merefleksi pembelajaran.


Keywords


berpikir kritis; inovasi pembelajaran; kreativitas guru; pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. In Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI.

Ibda, H. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berwawasan Literasi Baru di Perguruan Tinggi dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0 (Indonesian Learning Based New Literacy in University to Answer the Fourth Industrial. Jalabahasa, 15(1), 49–64.

Junaidi, A. (2020a). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi.

Junaidi, A. (2020b). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Junaidi, Aris, dkk. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untDirektorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

R Junaid & M.R. Bahruddin. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui PKM Lesson Study. To Maega, 3(2), 122–129. http://www.ojs. unanda.ac.id/index.php/tomaega

Ribut Wahyu Eriyanti. (2017). Lesson Study as Efforts to Improve Teacher Professionality In Indonesian Language Learning Based on Text. 4th International Conference the Community Development in ASEAN (p. 633). Psychology Forum. http://mpsi.umm.ac.id/files/file/Cover %26 Content(2).pdf

Ribut Wahyu Eriyanti. (2018). Lesson Study Kolaboratif sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru dalam Pelaksanaan Penilaian Autentik. Pembelajaran Kolaborasi Berbasis Ict Menuju Era Revolusi Industri 4.0., 250–265. https://idalamat.com/alamat/243242/smp-muhammadiyah-8-batu-batu-jawa-timur

Saito, E. & Atencio, M, (2013). A conceptual discussion of lesson study from a micro-political perspective: Implications for teacher development and pupil learning. Teaching and Teacher Education, 31, 87-95, 2013.

Sato, M. (2014). Mereformasi Sekolah. Konsep dan Praktek Komunitas Belajar. Pelita. JICA

Susetyarini, E. & Miharja, F.J. (2017). â€The Implementation of Lesson Study -Learning Community For Prospective Biology Teacher†dimuat pada â€International Journal Of Advanced Research(IJAR). http://dx.doi.org/10.21474/IJAR01/5641

Susetyarini, E. (2018). â€Lesson Study Learning Community For Prospective Biology teachers in Teaching Genetics†dimuat pada Prosiding 5th International Conference on Community Development (AMCA 2018).

Wahyuningtyas N; Ratnawati N; Adi RK. (2015). Membangun Kolegialitas Calon Guru IPS Melalui Lesson Study. Sejarah Dan Budaya, 9(2), 217–222.

Wikipedia Indonesia. (n.d.). No Title. Https://Id.Wikipedia.Org/Wiki/ SMP_Muhammadiyah_8_Batu.




DOI: http://dx.doi.org/10.35914/tomaega.v5i3.1176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ribut Wahyu Ribut Eriyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Andi Djemma, (P-ISSN: 2622-6332/ E-ISSN: 2622-6340),

Email: tomaega.unanda@gmail.com/ CP: 082188150380


TERINDEKS BY:


Crossref logodimensions.png 

 Creative Commons License
To Maega is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.