Pemahaman Gender Sebagai Stategi Pencegahan LGBT di Lingkungan Pondok Pesantren

Sulastri Sulastri, Enita Dewi, Dian Hudiyawati, Setiyo Purwanto, Wachidah Yuniartika

Abstract


Institusi Pendidikan yang tidak lepas dengan keberadaan isu homoseksual adalah pondok pesantren. Orangtua, pengelola dan ustadz-ustadzah wajib mengetahui perkembangan santriwan dan santriwatinya yang memasuki fase remaja. Masa remaja adalah fase peralihan menuju masa dewasa yang sangat membutuhkan perhatian. Kondisi yang demikian dapat menyebabkan berbagai masalah tentang reproduksi remaja diantaranya melakukan tindakan yang termasuk kedalam Lesbian, Gay, Biseksual dan Trangender (LGBT). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman gender pada remaja (santri) sebagai strategi dalam pencegahan LGBT. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi pendidikan kesehatan, forum group discussion, pendampingan dan evaluasi program. Hasil pangabdian didapatkan peningkatan pengetahuan dan pemahaman pengelola, ustadz-ustadzah, orang tua, dan santri dalam pencegahan terjadinya masalah LGBT di Wisma Asuhan Yatim Nurul Huda. Kejadian LGBT di lingkungan pondok pesantren dapat dilakukan berbagai pencegahan diantaranya melalui peningkatan pengetahuan gender pada masa remaja, agar para remaja dapat memahami siapa dirinya dan bagaimana harus berperilaku, selain itu kegiatan pemasangan poster tentang kesehatan reproduksi dan pencegahan LGBT di sekolah-sekolah pada kegiatan pengabdian selanjutnya.


Keywords


Gender, Homoseksual, LGBT, Pondok Pesantren

Full Text:

PDF

References


Adejimi, Adebola A., Folashade O. Omokhodion, and Funmilola M. OlaOlorun. 2017. “Sexual Behaviour and Knowledge of Prevention of Sexually Transmitted Infections among Students in Coeducational and Non-Coeducational Secondary Schools in Ibadan, Nigeria.” Journal of Family Medicine and Primary Care 6(2):169–70. doi: 10.4103/jfmpc.jfmpc.

Aryanti, Yosi. 2019. “Fenomena Lesbian, Gay, Biseksual Dan Transgender (Solusi Dan Upaya Pencegahannya).” HUMANISMA: Journal of Gender Studies 3(2). doi: 10.32832/tadibuna.v7i2.1356.

Asra, Yulika K., and Vivik Shofiah. 2017. “Pengaruh Psikoedukasi LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual Dan Transgender) Terhadap Penningkatan Pengetahuan Remaja Tentang LGBT.” Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi 8(1):1–20. doi: 10.21107/personifikasi.v8i1.3855.

Barkhordari-Sharifabad, Maasoumeh, Saeed Vaziri-Yazdi, and Mansoureh Barkhordari-Sharifabad. 2020. “The Effect of Teaching Puberty Health Concepts on the Basis of a Health Belief Model for Improving Perceived Body Image of Female Adolescents: A Quasi-Experimental Study.” BMC Public Health 20(1):1–7. doi: 10.1186/s12889-020-08482-2.

Fahham, Achmad Muchaddam. 2019. “Sanitasi Dan Dampaknya Bagi Kesehatan: Studi Dari Pesantren.” Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial 10(1):33–47. doi: 10.22212/aspirasi.v10i1.1230.

Fatmawati, Tina Yuli, and Nofrans Eka Saputra. 2016. “Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Santri Pondok Pesantren As’ Ad Dan Pondok Pesantren Al Hidayah.” Jurnal Psikologi Jambi 1(1):29–35.

Harmaini, Harmaini, and Ratna Juita. 2017. “Perilaku Lesbian Santri Pondok Pesantren.” Psikis: Jurnal Psikologi Islami 3(1):11. doi: 10.19109/psikis.v3i1.1219.

Keumala, Putri. 2017. “Peran Wilayatul Hisbah Dalam Mencegah Lesbian, Gay, Biseksual Dan Transgender (LGBT) Di Banda Aceh.” Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam 1(2):261–78. doi: http://dx.doi.org/10.22373/al-idarah.v1i2.2672.

Mayawati, Lilo, and Desy Firmasari. 2018. “Peran Pengasuh Santri Dalam Pencegahan LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, Dan Transgender) Di Pondok Pesantren Al-Qur’an Harsalakum.” Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Mellyarti, Syarif, and Meri Susanti. 2018. “Menyelamatkan Remaja Dari Bahaya LGBT Dengan Pendampingan, Pengenalan Dan Pendidikan Seks Di Pondok Pesantren Sumatera Barat.” Al-Irsyad : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia 54–69.

Ni’am, A. M. 2018. “Role of Pondok Pesantren Education against Prevention of LGBT Behavior.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam 5(2):65–76. doi: https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v5i2.174.

Rahmatullah, A. S., and M. E. Atmojo. 2019. “Pendidikan Dini ‘Sadar Virus Homoseksual Kaum Santri’ Di Pesantren.” Prosiding Seminar Nasional … 23–33.

Rahmatullah, A. S., and Muhammad Azhar. 2018. “Pesantren Dan Homoseksualitas Kaum Santri (Studi Pada Pesantren Tua Salafiyyah Dan Khalafiyyah Di Kota Santri Jawa Timur).” INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 12(2):457–80. doi: 10.18326/infsl3.v12i2.457-480.

Ramadhani, Ramadhani. 2020. “Pendidikan Akidah Akhlak Sebagai Solusi Pencegahan LGBT.” Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan 15(1):47–68. doi: 10.37680/adabiya.v15i01.223.

Siregar, Erin Padilla. 2019. “Persepsi Remaja Terhadap LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, Dan Transgender) Di SMA Santa Lusia Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang Tahun 2018.” Jurnal Darma Agung Husada 5(1):69–76.

Wati, Dewi Eko. 2020. “Pendidikan Seks Dalam Islam Berbasis Komunikasi Orangtua-Anak: Langkah Pencegahan LGBT Pada Anak.” Wacana 12(2):146–58. doi: 10.13057/wacana.v12i2.173.




DOI: http://dx.doi.org/10.35914/tomaega.v5i3.1204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 sulastri sulastri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Andi Djemma, (P-ISSN: 2622-6332/ E-ISSN: 2622-6340),

Email: tomaega.unanda@gmail.com/ CP: 082188150380


TERINDEKS BY:


Crossref logodimensions.png 

 Creative Commons License
To Maega is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.