Peningkatan Kemampuan Pengolahan Data Melalui Pelatihan Statistik dan Aplikasi Program SPSS bagi Guru-Guru SMA di DIY

Tony Wijaya

Abstract


Selain memiliki tanggung jawab utama sebagai pendidik, guru juga memiliki peran dalam berkarya terutama dalam hal menulis. Melalui pengalaman penelitian, diharapkan guru mampu memahami kondisi lapangan dan mendesiminasikan temuannya dalam aktivitas belajar mengajar. Kemampuan menganalisis menggunakan statitsik beserta keahlian menggunakan program aplikasi statistik diharapkan mampu memotivasi dan meningkatkan kemampuan guru dalam riset. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman guru mengenai alat-alat statistik, mampu menentukan alat statistik secara tepat serta meningkatkan keahlian guru dalam mengoperasikan program statistik yang bermanfaat mendukung aktivitas penelitian. Metode aktivitas yang dilakukan adalah pelatihan statistik beserta program bagi guru-guru SMA di DIY. Guru diberikan materi dan didampingi untuk memahami alat-alat statistik serta program statistik dalam rangka meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan pengolahan data. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru-guru SMA di Provinsi DIY dalam memahami alat-alat statistik dan kemampuan mengolah data mmenggunakan program statistik.


Keywords


Data, Program, Statistik, Penelitian

Full Text:

PDF

References


Black, K. (2013). Business Statistics, John Willey & Sons

Douglas, L., Marchal, W., & Wathen, S. (2003). Basic Statistics For Business and Economics, McGraw Hill

Juknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru, dikutip dari Kepmendikbud No.02/O/1995: 44-45

Suriyati. (2019). Desain Perancangan E-Commerce Kain Tenun Lombok Desa Sukarara Lombok Tengah. To Maega. Vol 2 No 2. Pp. 36-43

UU nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Wijaya, T. (2009). Analisis Data Penelitian. Yogyakarta: Cahaya Atma.

Wijaya, T. (2012). Cepat menguasai SPSS. Yogyakarta: Cahaya Atma.




DOI: http://dx.doi.org/10.35914/tomaega.v3i1.293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

LPPM Universitas Andi Djemma

P-ISSN: 2622-6332

E-ISSN: 2622-6340

Email: tomaega.unanda@gmail.com/ CP: 082188150380


TERINDEKS BY:


Crossref logo

 Creative Commons License
JEMMA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.