STRATEGI PENGEMBANGAN EKOWISATA MANGROVE DESA SRIMINOSARI LABUHAN MARINGGAI LAMPUNG TIMUR

citra puspitaningrum, Dian Oktavianti

Sari


Desa Sriminosari memiliki komponen biofisik yang mendukung untuk pengembangan kegiatan ekowisata mangrove. Sebagai salah satu wilayah pesisir di Kabupaten Lampung Timur yang dikelilingi oleh mangrove tentunya rentan terhadap berbagai ancaman dan tekanan baik dari masyarakat dengan segala aktifitas pemanfaatan sumberdaya alam maupun ancaman dari alam itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi ekowisata dan mengkaji strategi pengembangan untuk ekowisata mangrove Desa Sriminosari. Penelitian menggunakan observasi dan wawancara serta analisis yang digunakan adalah analisis kerapatan mangrove, analisis daya dukung kawasan dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian menunjukkan kawasan ekosistem mangrove di Desa Sriminosari memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai objek wisata dengan luas 286 ha. Daya Dukung Kawasan (DDK) ekowisata mangrove Desa Sriminosari sebesar 279 orang per hari. Berdasarkan hasil analisis AHP didapatkan alternative prioritas utama terhadap strategi pengembangan ekowisata konservasi sumberdaya alam (KSDA) dengan nilai bobot 35% pioritas kedua konsep daya dukung kawasan (DDK) nilai bobot 19 %, ketiga kualitas sumberdaya manusia (KSDM) dengan nilai 17% prioritas ke empat penguatan institusi atau kelembagaan (PIK) dengan nilai bobot 15% dan perioritas ke lima peraturan daerah, penataan ruang dan pembiayaan (PRP) dengan nilai 15%.

Kata Kunci


Ekowisata Mangrove, Strategi Pengembangan, Desa Sriminosari

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Yulianda, F. 2007. Ekowisata Bahari Sebagai Alternatif Pemanfaatan Sumberdaya Pesisir Berbasis Konservasi. Makalah Seminar Sains 21 Februari 2007. Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan–FPIK. IPB. Bogor.

Kurniasari E., Rustiadi, E., Tonny., F. 2013. Strategi Pengembangan Ekowisata Melalui Peningkatan Partisipasi Masyarakat, Studi Kasus Komunitas Kelurahan Kalimulya Kota Depok. Jurnal Manajemen Pembangunan Daerah. Vol. 5 No.2.

Osmaleli., T Kusumastanto., M, Ekayani. 2014. Analisis Ekonomi Keterkaitan Ekosistem Mangrove dengan Sumberdaya Udang. Jurmal Ekonomi Pertanian, Sumberdaya dan Lingkungan. Jaree. 1 : 64-70.

Murni., Widayati, W., Mey, D. 2018. Analisis Pengembangan Ekowisata mangrove Kota Kendari. Jurnal Perencanaan Wilayah.

Satria, D. 2009. Strategi Pengembangan Ekowisata Berbasis Ekonomi Lokal Dalam Rangka Program Pengentasan Kemiskinan Di Wilayah Kabupaten Malang. Journal of Indonesian Applied Economics Vol. 3 No. 1. 37-47


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##