PENGARUH WARNA KAKABAN BERBEDA TERHADAP PENETASAN TELUR IKAN MAS (Cyprinus carpio)

Muhammad Riswan, Suardi Suardi, Marhayana Syarifuddin, Siswati Siswati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh warna kakaban yang berbeda terhadap penetasan telur ikan mas (Cyprinus carpio). Penelitian ini didesain dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan warna kakaban yang digunakan pada penelitian ini antara lain merah, hijau, biru, hitam. Masing-masing diulang 3 kali sehingga terdapat 12 kali percobaan. Parameter yang diamati adalah kualitas air dan daya tetas telur ikan mas (Cyprinus carpio). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Sidik Ragam (ANOVA).

Data penelitian ini diperoleh dari hasil perhitungan telur yang menetas dan menjadi larva dalam waktu 5 hari (120 jam). Hasil analisis sidik ragam daya tetas telur menyatakan bahwa semua perlakuan tidak memberikan pengaruh nyata pada daya tetas telur. Persentase daya tetas telur tertinggi terdapat pada perlakuan D (tali rafia warna hitam) sebesar 47.49%. Hal ini menunjukan bahwa tidak pengaruh yang nyata pada perbedaan warna kakaban untuk penetasan telur ikan mas (Cyprinus carpio).

Full Text:

PDF

References


Arifah. 2009. “Modul Dasar Busanaâ€. Jurusan pendidikan Tata Busana Fakultas pendidikan teknologi dan kejuruan : Universitas Pendidikan Indonesia

Fransiska, Pramita. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas produk dan Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Air Minum Kemasan. Skripsi. UniversitasDiponegoro.

Fajrin CN. 2012. Penambahan Ekstrak Tauge Dalam Pakan Untuk Meningkatkan Keberhasilan Pemijahan Ikan Mas Koki (Carassius uaratus). Jurnal Perikanan Dan Kelautan, Vol 3. No 3. Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, UNPAD

Herianto, Amirah dan Patang. 2019. Pengaruh Penambahan Tepung Daun Singkong (Manihot Utillisima) pada Pendederan Ikan Lele Dumbo (Clarias Gariepinus) Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Dan Sintasan. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. Vol. 5 Suplemen 2019: S169 – S182.

Gusrina. 2008. Budidaya Ikan Jilid 3 Untuk sekolah Menengah Kejurua. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta

Khairuman, dan Amri. 2014. Buku Pintar, Sukses Bisnis Pembenihan Ikan Konsumsi. tp., tt.

Khairuman, Susenda, Gunadi. 2007. Budidaya Ikan Mas Secara Intensif., Agromedia, Jakarta.

Kurniawan, A. 2012. Penyakit akuatik. UBB Press, Bangka Belitung.

Mahyuddin. Husain, S. Amirah, M. 2020. Pengaruh Perendaman Telur Ikan Mas (Cyprinus carpio L.) dalam Larutan Daun Jarak Pagar (Jatropha curcas L.) terhadap Daya Tetas Telur. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian Vol 6 (1) : 23-32.

Meilani. 2013. Teori Warna : Penerapan Lingkungan Warna dalam Berbusana.

Nimah. Q. 2020. Pengaruh warna terhadap kecepatan perubahan suhu.

https://www.academia.edu/31850437/PENGARUH_WARNA_TERHADAP_KECEPATAN_PERUBAHAN_SUHU. Diunduh pada hari sabtu tanggal 12 september 2020 jam 20.00 WITA.

Poto, L. M. A. (2019). Menetaskan telur. Modul Diklat Berbasis Kompetensi Budidaya Ikan Air Tawar. 77 Hal.

Poto, L. M. A. (2019). Menetaskan telur. Modul Diklat Berbasis Kompetensi Budidaya Ikan Air Tawar. 77 Hal.

Rochman S, Ely N, Hariyano, La Darto. 2013. Pemeliharaan benih ikan hias mandarin (Synchiropus splendidus) dengan warna wadah yang berbeda.

Saprianto, C. 2010. Usaha Ikan Konsumsi Lahan 100 m2 . Penebar Swadaya. Jakarta. Hal. 47.

Sastrosupadi, A. 2000. Rancangan Percobaan Praktis Bidang Pertanian. Buku. Kanisius. Malang. 267 P.

Saputra, S.D. 2011. Aplikasi Sistem Resirkulasi Air Terkendali (SRAT) pada Budidaya Ikan Mas (Cyprinus carpio). Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Hal. 5-27.

Sofyatuddin, K. Irma, D. Mawardah. 2016 Ekstrak daun Avicennia marina sebagai anti jamur pada telur ikan mas, Cyprinus carpio. Program Studi Budidaya Perairan, Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh,

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukendi. 2003. Vitelogenesis dan Manipulasi Fertilisasi pada Ikan. Bagian bahan matakuliah reproduksi ikan Jurusan Budidaya Perairan Faklutas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau. Pekanbaru.

Sumantadinata K. 1983. Pengembangbiakan Ikan-Ikan Peliharaan di Indonesia. Sastra Hudaya. P 117 hal.

Sunarma, A. 2004. Peningkatan Produktivitas Usaha Lele (Clarias sp.). Bandung: Departeman Kelautan dan Perikanan.

Sunarma, A. 2004. Peningkatan Produktifitas Usaha Lele Sangkuriang (Clarias sp.). Departemen Kelautan dan Perikanan. Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya. Balai Budidaya Air Tawar Sukabumi. Sukabumi. Hal. 1- 6.

Suyanto, S. Rachmatun. 2006. Budidaya ikan lele. Penebar Swadaya, Jakarta. 100p.

Tommy P M, D Bakti Dan Nurmantias. 2013. Pembenihan Ikan Mas (Caranasius auratus) Dengan Menggunakan Berbagai Subrat. Jurnal Fakultas Pertanian Universitas Sumatra Utara. Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan Universitas Sumatera Utara

Substrat Penempel Telur Terhadap Tingkat Keberhasilan Pemijahan Ikan Maskoki (Carassius auratus). Jurnal Perikanan Unram, Volume 1, No. 1. Universitas Mataram. Mataram.

Wahyuningsih, s. 2012. Pengaruh Jenis Subtrat Penempel Telur Terhadap Tingkat Keberhasilan Pemijahan Ikan Komet (Carasius auratus). Jurnal Perikanan Unram, Volume 1, No 1. Universitas Mataram.

Zonneveld. 1991. Prinsip-Prinsip Budidaya Ikan. Penerbit PT. Gramedia. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.55113/ejoa.v1i1.1713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.