PERAN DINAS PARIWISATA DALAM PENGELOLAAN PEMBANGUNAN OBJEK WISATA KOTA PALOPO (Studi Kasus Objek Wisata Batu Papan Kota Palopo)

andi ni'mah Sulfiani, Syahiruddin Syah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Dinas Pariwisata dalam pengelolaan pembangunan objek wisata Kota Palopo. Dinas Pariwisata sebagai pengelola objek wisata berperan sebagai Motivator, Fasilitator, dan Dinamisator. dalam mewujudkan objek wisata yang dapat meningkatkan ketertarikan wisatawan yang berkunjung serta mensejahterakan masyarakat disekitar objek wisata. Jenis penelitian yang kami gunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dimana ada data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Adapun informan dalam penelitian ini sebanyak tiga orang  diantaranya Kepala Dinas Pengembangan Destinasi dan Usaha ekonomi kreatif Pariwisata Kota Palopo, Ketua Kelompok sadar wisata, dan pelapak wisata dalam hal ini masyarakat. Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa peran Dinas Pariwisata dalam meningkatkan kualitas objek wisata, pemerintah melakukan berbagai pengembangan yaitu dengan melakukan pembaharuan yang unik sesuai dengan visi dan misi dinas terkait. Namun di balik itu semua kami masih mendapatkan fakta yang menjadi penghambat dalam mewujudkan kualitas objek wisata sesuai yang kami maksud dalam hal ini antara lain: fasilitas, infrastruktur, sarana dan prasarana Yang sangat membutuhkan tinjauan ulang agar pemerintah dapat mengetahui kondisional lapangan objek wisata teryata sampai saat ini belum mampu mewujudkan suksesnya program yang ada sesuai visi dan misi dinas pariwisata.


Keywords


Peran Dinas Pariwisata, Pengelolaan, Objek Wisata

Full Text:

PDF PDF

References


Adisasmita,Rahardjo. 2014. Manajemen Pembangunan Transportasi,Yogyakarta: Graha Ilmu,

Afrizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rajawali Pers

Ghofur. (2014). Manajemen Publik Pemerintah, Pengorganisasian. Pengontrolan Terhadap Pelayanan Kepada Masyarakat. Surabaya: Aneka Jaya

Gunawan, Imam. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik, Jakarta: Bumi Aksara,

H.B. Sutopo. 1988. Pengantar Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Hediansyah, Haris. 2010. Metedeologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Jakarta: Salemba Humanika

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (MENPAN Nomor 81 tahun 1993 tentang pelayanan kepada masyarakat

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (MENPAN Nomor 81 tahun 1993 tentang pelayanan kepada masyarakat

Lexy J. Moleong. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Manullang. 1985. Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Moenir.2006. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Nagib, Laila dkk. 2003. Kualitas SDM Pariwisata. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Pitana, Gayatri. (2005). Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi.195 hal

Poerwadarminta, W.J.S.2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

R.A Santoso. Partisipasi, Komunikasi, Persuasi, dan Disiplin Dalam Pembangunan. Bandung: Alumni 1998.

Ratmiko, Winarsih. 2016. Manajemen Pelayanan. Yokyakarta. Pustaka Pelajar.

Riawan Tjandra, W. 2005.Peningkatan Kapasitas Pemda Dalam Pelayanan Public.Yogyakarta : Pembaruan

Rogers, Everett M. 2003. Diffusion Of Innovation. 5 Edition. New York: Free Press.

Siagian,SondangP.2012. Pengawasan Melekat Di Lingkungan Pemerintahan .Jakarta:Erlangga.

Sinambela L.P. 2006.Reformasi Pelayanan Public, Teori, Kebijakan dan implementasi. Jakarta: Bumi Aksara

Suharsimi Arikunto. 1996. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Suwantoro, Gamal. 2004. Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta:CV.AndiOffset.

Syahiruddin Syah (2018) Pengantar Ilmu Administrasi.Palopo: Unanda Pers

Terry, George. 1985. Asas-Asas Manajemen, terj. Winardi. Bandung: PT.A lumni..

SUMBER LAIN:

Peraturan Pemerintah Nomor 67 Tahun 2015 TentangPengeloaan

Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

Undang-Undang No.25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014 tentang otonomi daerah

Dokumen profil Dinas Pariwisata dan Ekonomi kreatif Kota Palopo 2022

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.35914/ilagaligo.1589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal I La Galigo : Public Administration Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

TERINDEKS BY:

 

 Crossref logo     


Published by:

Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Andi Djemma

Address: Jalan Sultan Hasanuddin No 15 Kota Palopo, South Sulawesi

P-ISSN: 2654-4776

E-ISSN: 2684-9933

Emaililagaligo.unanda@gmail.com/ 085242698313