EVALUASI PROGRAM KEBIJAKAN BANTUAN SOSIAL DI DESA CIMPU KECAMATAN SULI KABUPATEN LUWU

Riska Firdaus, Burhanuddin Burhanuddin

Abstract


Penyaluran Bansos adalah otoritas administratif pemerintah daerah. Daerah diperbolehkan memberikan bantuan sosial sesuai dengan kemampuan daerah setelah meyelesaikan pembiayaan belanja wajib. Yang berhak menerima bantuan sosial adalah masyarakat yang mengalami keadaan tidak stabil dan krisis ekonomi, sosial, politik dan bencana alam, supaya yang bersangkutan dapat memenuhi kebutuhan dengan hidup yang layak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi program Bantuan Sosial di Desa Cimpu Kecamatan Suli Kabupaten Luwu. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan tiga indikator evaluasi dari William Dunn yaitu Efisiensi, Kecukupan dan Perataan. Hasil penelitian ini menunjukkan indikator efisiensi bahwa pemerintah desa masih belum mampu memberdayakan masyarakat dengan baik dengan adanya bansos, bahkan kebijakan bansos ini justru menjadi acuan masyarakat untuk bergantung pada bansos jika dianalisa dari respon masyarakat yang menerima bansos, sehingga masyarakat yang menerima bansos terus-terus mengharapkan bantuan dari pemerintah tersebut sehingga hal tersebut tidak bisa menjadikan masyarakat diberdayakan oleh kebijakan bansos tersebut. Indikator kecukupan penulis mengambil kesimpulan bahwa dengan bansos ini pemerintah sudah menyalurkannya dengan nominal tertentu atau takaran tertentu namun hal terssbut masih sulit untuk mencukupi kebutuhan mendasar bagi masyarakat miskin di Desa Cimpu sehingga penulis menganalisa bahwa kebijakan bansos ini belum mampu mencukupi kebutuhan masyarakat dan hanya mampu menutupi sebagian saja kebutuhan masyarakat. Indikator perataan penulis memberikan kesimpulan bahwa pemerintah desa Cimpu masih belum cukup berperilaku adil dalam menyalurkan bansos dan masih nepotisme dalam memilih masyarakatnya dan masih menghubung-hubungkan dengan pilkades sehingga masih ada beberapa masyarakat yang masih merasa berhak untuk menerima bansos dari pemerintah namun masih mementingkan orang-orang terdekatnya dari pemerintah desa Cimpu.


Keywords


Kebijakan, Evaluasi, Bantuan Sosial

Full Text:

PDF

References


Agustino, Leo, 2008. Dasar-Dasar pengukuran evaluasi . Bandung: Alfabeta. Anderson, James E, 1969. Public Policy Making. New York: Holt, Rinehart and Winston, 2nd ed.

Avrilianti. 2015. “Dampak Kebijakan Pemberian Bantuan Sosial (BANSOS) Terhadap Masyarakat Miskin Di Kelurahan Padduppa Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo” 151: 10–17.

Badan Pusat Statistik. 2022. Statistik Indonesia 2022.

Cholili, Fatkhul Mufid, and M Pudjihardjo. 2014. “ANALISIS PENGARUH PENGANGGURAN, PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB), DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) TERHADAP JUMLAH PENDUDUK MISKIN (Studi Kasus 33 Provinsi Di Indonesia).” Doctoral Disserttion, Universitas Brawijaya.

Dunn, William N. 2003 : pengukuran ektivitas dan konsep Evaluasi Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Dye, Thomas R, (1975). Understanding Public Policy. Englewood Cliff, N.J: Printice-Hall 2nd ed.

Lester, James P. and Joseph Stewart, 2000. Public Policy: An Evolutionary Approach. Australia: Wadsworth, Second Edition.

Nugroho, Riant, 2009. Public Policy: Teori Kebijakan – Analisis – Proses Kebijakan, Perumusan, Implementasi, Evaluasi, Revisi risk management dalam Kebijakan Publik, Kebijakan sebagai The Fifth Estate – Metode penelitian Kebijakan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Palikhah, Nur. 2016. “Konsep Kemiskinan Kultural” 15 (30): 11–27.

Pasolong, Harbani, 2012. Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Parsons, Wayne, 2008. Public Policy: Pengantar Teori dan Praktik Analisis Kebijakan. Jakarta: Predana Media Group.

Ridder, Hans Gerd, Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, and Johnny Saldaña. 2014. “Qualitative Data Analysis. A Methods Sourcebook.” Zeitschrift Fur Personalforschung. https://doi.org/10.1177/239700221402800402.

Solikatun, Solikatun, Yulia Masruroh, and Ahmad Zuber. 2018. “Kemiskinan Dalam Pembangunan.” Jurnal Analisa Sosiologi 3 (1). https://doi.org/10.20961/jas.v3i1.17450.

Subarsono, 2006. Analisis Kebijakan Publik: Konsep Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: 2012.: CV. Alfabeta.

Suharto, Edi, 2012. Analisis Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Tjokroamidjojo, Bintoro, 2002. Reformasi Nasional Penyelenggaraan. Good Governance dan Perwujudan Masyarakat Madani. Jakarta: Tanpa Penerbit. 74 2

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009. 2009. tentang Kesejahteraan Sosial

Winarno, 2008. Analisi Kebijakan Publik Konsep Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik. Malang: Banyumedia Publishing.

Yulianto, Trimo. 2021. “Memahami Kembali Strategi Pengentasan Kemiskinan Di Indonesia Sebagai Sumber Penerimaan Negara.” Https://Djpb.Kemenkeu.Go.Id/, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.35914/ilagaligo.1621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal I La Galigo : Public Administration Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

TERINDEKS BY:

 

 Crossref logo     


Published by:

Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Andi Djemma

Address: Jalan Sultan Hasanuddin No 15 Kota Palopo, South Sulawesi

P-ISSN: 2654-4776

E-ISSN: 2684-9933

Emaililagaligo.unanda@gmail.com/ 085242698313