Lembaga Mukim Wilayah Tengah Aceh Pasca Perjanjian Damai Pemerintah Indonesia Dan Gerakan Aceh Merdeka

Alzikri Fakhrurraji, Hasiun Budi

Sari


Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara komperhensif Kelembagaan Mukim di wilayah tengah Aceh yang meliputi Kabupaten Wilayah Tengah Aceh, Bener Meriah, Gayo Lues Pasca MoU Pemerintah Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka. Pelaksanaan tugas, fungsi dan faktor yang mempengaruhi. Metode yang digunakan dalam yaitu pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang sangat mempengaruhi peran Mukim dalam menjalankan tugas dan fungsinya, yaitu  kepemimpinan dan sumber daya. Mukim belum mampu melaksanakan tugas dan fungsinya secara keseluruhan dan masih kurangnya sumber daya. . Doktrin yang melekat pada Mukim masih sebagai lembaga nonformal, program yang ada belum mewakili tugas dan fungsi Mukim, struktur internal belum mampu menunjukkan pola hubungan kerja yang jelas. Akan tetapi Pasca perjanjian damai Mukim di wilayah tengah telah mendapatkan keleluasaan lebih baik. Mukim didukung dengan lahirnya peraturan-peraturan sebagai konsekuenasi perjanjian damai dalam berbagai bidang. Tugas dan fungsi menuntut Mukim harus bertransaksi dengan pihak yang berkepentingan.


Kata Kunci


Lembaga, Mukim

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Eaton W. Josep. 1972. Pembangunan Lembaga dan Pembangunan Nasional. Diterjamahkan Oleh Bintoro Tjokroamidjojo.1986. Jakarta: UI Press.

Esman Milton J. eds. 1969. Pengembangan Lembaga : Dari Konsep dampai Aplikasinya. Jakarta: UI Press.

Carnwell Rosdan & Carson Alex. 2013. Effective Practice in Health and Social Care: Partnershipp Approach. UK: Open University Press.

Creswell John W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed, Edisi Ketiga, Terjemahan oleh Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Leriman. 2012. Peran Mukim dalam Penyelenggaraan Pemerintahan di Kecamatan Rikit Gaib Kabupaten Gayo Lues Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Medan: Universitas Negeri Medan.

Robbins S.P. & Judge. 2015. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Sutarto. 2012. Dasar-dasar Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.35914/ilagaligo.730

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Published by:

FAKULTAS SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS ANDI DJEMMA

Jl. SULTAN HASANUDDIN NOMOR 15 KOTA Palopo

p-ISSN : 2654-4776   |   e-ISSN : 2684-9933

Email: ilagaligo.unanda@gmail.com : 085242698313

 

TERINDEKS BY:

Creative Commons License
To I La Galigo  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.