PERANAN KOMPUTER SEBAGAI SARANA PERKULIAHAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Mukramin Mukramin, Abri Hadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan computer sebagai sarana perkuliahan di masa pandemic Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-analitis yaitu suatu metode mendeskripsikan atau menggambarkan suatu objek yang diteliti melalui data atau sampel yang telah dikumpulkan apa adanya tanpa melakukan analisis dan membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum. Sumber data dari penelitian ini adalah data primer seperti data hasil wawancara dari objek penelitian, sedangkan data sekunder berasal dari Pustaka seperti buku, jurnal online dan karya ilmiah. Hasil penelitian ini adalah komputer berperan penting dalam proses pembelajaran jarak jauh atau online selama masa pandemi. Karena dengan memanfaatkan komputer dalam proses perkuliahan jarak jauh dapat berjalan meski sedikit kurang efektif dengan terkendala pada jaringan internet. Dengan memanfaatkan komputer para dosen dan mahasiswa dapat berinovasi untuk membuat atau menyampaikan materi secara online, misalnya dengan memanfaatkan berbagai macam aplikasi baik yang dapat diinstal pada komputer maupun yang diakses langsung seprti website. Banyaknya platform aplikasi yang dikhususkan untuk pembelajaran secara secara online seperti Zoom, Google Meet, LMS, Google Clasroom.

Keywords


komputer, pandemi, covid-19

Full Text:

PDF

References


Atsani, (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Studi Islam. Vol. 1 No. 2. 82-93.

Didiharyono, D., & Qur'ani, B. (2019). Increasing Community Knowledge Through the Literacy Movement. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 17-24.

Didiharyono, D., & Soraya, S. (2018). Penerapan Algoritma Greedy Dalam Menentukan Minimum Spanning Trees Pada Optimisasi Jaringan Listrik Jala. Jurnal Varian, 1(2), 110.

Hadede, (2015). Efektivitas Penggunaan Komputer Sebagai Media Presentasi Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Penjas (Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Cigalontang, Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2014/2015). Jurnal Ilmu Pendidikan, 180-194.

Haris, B. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam. 8, 75-83.

Harlina dan Aryani, (2019). Peranan Dan Permasalahan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. P. 313-324.

Ibnu. R. (2017). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Kegiatan Pembelajaran Dan Perkembangan Dunia Pendidikan. Jurnal Warta. Ed. 53.

Meylan. S., (2020). Merdeka Belajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 2020,

Nuning. I., (2017). Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial. Vol. 1, No. 2. 202-224.

Salsabila, dkk, (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan. Vol 17. No. 2. 188-198

Sudarsi, L. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol.2. No. 2. 94-100.

Tuti A., (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jurnal Media Komunikasi Ilmu - Ilmu Sosial dan Budaya. Vol. 12, No.1. 127-150

Unik H. S., dkk, (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 2. 1-13

Zulfitria, dkk. (2020). Penggunaan Teknologi Dan Internet Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. 171-180.




DOI: http://dx.doi.org/10.35914/jad.v4i2.796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLISHED BY:

  

Univeritas Andi Djemma

Jl. Puang H. Daud No.4a, Tompotika, Kec. Wara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan 91911

jurnal.andidjemma@gmail.com | mzaid090609@gmail.com

p-ISSN : 2622-6537   |   e-ISSN : 2622-8513


Terindeks by :

dimensions.png  


Jurnal Andi Djemma: Jurnal Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.