Studi Perbandingan Kuat Tarik Tidak Langsung terhadap Campuran Aspal Beton dengan menggunakan Limbah Marmer dan Abu Sekam Padi sebagai Filler

Siti Fauziah Badaron, Alimin Gecong, Muhammad Kasim Anies, Wahyuni Meydinia Achmad, Eka Putri Setiani

Abstract


Lapisan perkerasan jalan mengalami dua pembebanan yaitu beban tekan dan beban tarik. Pada kondisi dilapangan beban tarik lebih sering menyebabkan retak, diawali dengan adanya retakawal (crackinitation) pada bagian bawah lapisan perkerasan yang kemudian akan menjalar kepermukaan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasinya yaitu dengan menambahkan bahan alternative yang dapat menunjang kekuatan perkerasan. Beberapa bahan tambah yang dapat digunakan yaitu limbah marmer dan abu sekam padi sebagai bahan pengisi (filler). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadaraspal optimum untuk pencampuran limah marmer dan abu sekam padi sebagai filler serta untuk mengetahui pengaruh limbah marmer dana buse kampa di pada campuran terhadap kuat tarik tidak langsung. Pengujian awal dengan alat Marshall Test untuk mendapatkan kadar aspal optimum (KAO). Pengujian selanjutnya dengan menggunakan alat Indirect Tensile Strenght. KAO yang digunakan yaitu 5,95% dan kadar filler yaitu 0,0%, 0,5%, 1,0%, 1,5%, dan 2,0%. Dari hasil pengujian kuat tarik tidak langsung, campuran dengan menggunakan filler limbah marmer mampu menahan beban sebesar 11969,37 KPa. Sedangkan campuran yang menggunakan abu sekam padi mampu menahan beban sebesar 11294,47 KPa. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa campuran dengan menggunakan filler abu marmer lebih kuat menahan beban dibandingkan abu sekam padi.

 

 

The pavement layer passes two loads: the compressive load and the tensile load. On surface conditions, itis discover ed by retrie ving the crack in itation at the bottom fthe layer which will then radiate to the surface. One of eff or that can be done to over come this is to add alternative material stoin crease the strength of it. Some of the ingredients added can beused are marble waste and rice husk ashas filler. This study aim stode termine the optimal asphalt content formixing marble andri cehuskash waste asa filler and also to know the marble and gray waste on in direct tensil emixture. Initial test with Marshall Test tool to obtain optimum bitumen content (KAO). Then exttestis by using the Indirect Tensile Strenght tool. KAO is 5.95% and filler content is 0.0%, 0.5%, 1.0%, 1.5%, and 2.0%. In directtax collection, using afiller of marble wast ecapable of with standing loads of 11969.37 KPa.While the mixture using rice huskas hable to with stand the load of 11294.47 KPa. Base on the results it can be concluded that the mixtureusing as hmarble filler is stronger to with stand the load than using rice husk ash.


Keywords


Kuat tarik tidak langsung; limbah marmer; abu sekam padi; filler

Full Text:

PDF

References


AASHTO, 1982. Standart Spesification For Transportation Material sand Method of Sampling and Testing, Part I: Specification.

ASTMD2726-04. Standard Test Method for Bulk Specific Gravity and Density of Non-Absorptive Compacted Bituminous Mixtures

Ahmad, Malik. 2010. Kajian Karakteristik Indirect Tensile Strength Asphalt Concrete Recycle Dengan Campuran Aspal Penetrasi 60/70 dan Residu Oli pada Campuran Hangat.

Brown, Stephen. 1990. The Shell Bitumen Handbook.Chertsey: Shell Bitumen U.K.

Garrick, N.W., &Biskur, R. R. 1990. Effects of Asphalt Properties on Indirect Tensile Strength

Irwan, Putri Auliah & Dea Resky Nawir. 2017. Pengaruh Model Perlakuan Serat Ijuk dengan Perendaman Air Laut terhadap Karakteristik Campuran Beton Aspal

Laboratorium Transportasi dan Jalan Raya. 2008. Petunjuk Pelaksanaan Praktikum Bahan Perkerasan Jalan Raya. Jurusan Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Makassar

Manuruki, Ince Hikma & Ahmad Affandi Rahman. 2016. Analisis Penggunaan Material Komposit Fly Ash dan Abu Sekam Padi Terhadap Campuran Aspal Beton.

Prasetyoko, D. 2001. Pengoptimuman Sintesis Zeolit daripada Silika Abu Sekam Padi Pencirian dan Tindak Balas Pemangkinan Friedel Crafts

SKBI-2.4.26, 1987. Petunjuk Pelaksanaan Lapis Aspal Beton (laston) Untuk Jalan Raya.

Sukirman, Silvia. 2003. Beton Aspal Campuran Panas. Jakarta: Penerbit Granit.

Sulaiman, Lusman (2018). Evaluasi Kuat tekan Beton recycle Agregat Dengan Campuran Air Laut dan Prediksi Modulus Elastisitasnya. PENA TEKNIK: Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Teknik 3(1). 25 – 36.

Sulaiman, Lusman & Nurhidayah (2018). Analisis Perbandingan Kuat Tekan Mortar dari Material Pasir Putih dan Pasir Biasa Sungai Masamba. PENA TEKNIK: Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Teknik 3(2). 207-218.

Sulaeman, Budiawan (2018). Modulus Elastisitas Berbagai Jenis Material. PENA TEKNIK: Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Teknik 3(2). 127 – 138.

Sulaksono W, Sony. 2001. Rekayasa Jalan. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Wijaya, Ardyansah & Muhammad Ali. 2015. Pengaruh Variasi Perendaman Terhadap Durabilitas Campuran Aspal Beton dengan Menggunakan Bottom Ash dan Fly Ash sebagai Filler.

Zulkifli, dkk. 2012. Kajian Laboratorium Limbah Marmer Sebagai Filler Dalam Campuran Aspal Aspal Beton Lapisan Antara (AC-BC).




DOI: http://dx.doi.org/10.51557/pt_jiit.v4i2.593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLISHED BY:

 

Engineering Faculty, Universitas Andi Djemma, Jl. Tandipau No. 5 Palopo

Email: penateknik@unanda.ac.id  |  penateknik.unanda@gmail.com

p-ISSN : 2502-8952   |   e-ISSN : 2623-2197

 

INDEXED BY:

 

 
PENA TEKNIK: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter