Pengaruh Pergerakan Putar Balik Arah terhadap Kinerja Ruas Jalan Letjen Hertasning Kota Makassar

Rani Bastari Alkam, Muhammad Ilham Marhabang, Muhammad Ikhwan

Abstract


Aktivitas putar balik arah pada beberapa bukaan median yang tersedia di sepanjang ruas Jalan Letjen Hertasning disinyalir sebagai pemicu kemacetan lalu lintas sebab pergerakan ini dapat menghambat pergerakan kendaraan pada kedua arah lalu lintas saat kendaraan memerlukan ruang manuver tambahan untuk menyelesaikan gerakan putar balik arah secara penuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pergerakan putar balik arah terhadap kinerja ruas jalan pada Jalan Letjen Hertasning Kota Makassar. Survei lalu lintas dilakukan pada lima pos pengamatan yang dipilih pada lima bukaan median pertama Jalan Letjen Hertasning yang berbatasan langsung dengan Jl. AP Pettarani selama tiga hari untuk segmen jam puncak pagi, siang, dan sore hari. Kinerja ruas jalan dianalisis mengikuti prosedur pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antrian kendaraan saat bermanuver untuk memutar arah khususnya pada jam puncak setara dengan panjang 9 kendaraan atau sepanjang 36 m. Antrian ini menyebabkan kapasitas ruas jalan berkurang sebesar 2,5-10% dari kapasitas sesungguhnya yang menyebabkan terjadinya penurunan kecepatan, peningkatan derajat kejenuhan, dan penurunan tingkat pelayanan ruas jalan Letjen Hertasning.

 

The U-turn movement activities at several median openings available along the Letjen Hertasning road arguably is one of the triggering factors for the occurrence of traffic congestion on that road section because this movement creates hindrances to traffic flow in the same lane and the contra flow when the vehicle requires additional space to complete the movement. The purpose of this study is to reveal the consequence caused by the U-turn movement to the traffic performance of Letjen Hertasning road in Makassar City. The traffic surveys were conducted at five selected observation points at the first five median openings of Jalan Letjen Hertasning which is directly adjacent to Jl. AP Pettarani for three days at three peak hours segment which are in the morning, afternoon, and evening. The analysis of road performance follows the procedures in the Indonesian Road Capacity Manual. Research result shown that the length of vehicles queuing to finish the U-turn movement during the peak hours reached 9 vehicles with a queue length of 36 m. This queue causes the capacity of the road to decrease by 2.5-10% of the actual capacity which causes a decrease in speed, an increase in the degree of saturation, and a reduction in the level of service of the road.


Keywords


Bukaan median; karakteristik lalu lintas; putar balik arah; ruas jalan; tingkat pelayanan

Full Text:

PDF

References


Ali, M. I., & Abidin, M. R. (2019). Pengaruh Kepadatan Penduduk Terhadap Intensitas Kemacetan Lalu Lintas Di Kecamatan Rappocini Makassar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, 68–73. http://eprints.unm.ac.id/17795/1/prosiding Pengaruh Kepadatan Penduduk.pdf

Aly, S. H. (2012). Model Hubungan Karakteristik Makro Lalu Lintas yang Bersifat Heterogen di Kota Makassar. Prosiding Teknik Sipil Universitas Hassanudin, TS12-1-TS12-10.

Arfandi, A., Pertiwi, N., & Rahmatan, R. (2017). Analisis Tingkat Pelayanan Jalan Andi Djemma Kota Makasar. Jurnal Inovasi Dan Pelayanan Publik Makasar, 1(1), 38–52.

Arifin, A. E. S., Surya, B., & Salim, A. (2021). Dampak Urban Sprawl Terhadap Pola Pergerakan Studi Pada Koridor Jalan Letjend. Hertasning Kota Makassar. Urban and Regional Studies Journal, 3(1), 23–31. https://doi.org/10.35965/ursj.v3i1.606

Badaron, S. F., Watono, W., Abd. Muin, S., C.A, M. R., & Firdaus, D. (2020). Analisa Biaya Penanganan Berdasarkan Penilaian Kondisi Jalan dengan Metode Road Condition Index (RCI) pada Ruas Jalan Hertasning. PENA TEKNIK: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik, 5(1), 11. https://doi.org/10.51557/pt_jiit.v5i1.599

BPS. (2020). Kota Makassar dalam Angka 2020 (Seksi Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik (ed.)). Badan Pusat Statistik Kota Makassar. https://makassarkota.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=YmMzYTQ3MDU0YzM4NmJh

Chow, A. H. F., Santacreu, A., Tsapakis, I., Tanasaranond, G., & Cheng, T. (2014). Empirical assessment of urban traffic congestion. Journal of Advanced Transportation, 48(8). https://doi.org/10.1002/atr.1241

Lalenoh, R. H., Sendow, T. K., & Jansen, F. (2015). Analisa Kapasitas Ruas Jalan Sam Ratulangi Dengan Metode Mkji 1997 Dan Pkji 2014. Jurnal Sipil Statik, 3(11), 737–746.

Lowenta, L., & Najid, N. (2019). Penentuan Kapasitas Jalan Dua Lajur Dua Arah Tidak Terbagi Dengan Metode Mkji, Konsep Pkji, Dan Survei. JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil, 2(3), 27. https://doi.org/10.24912/jmts.v2i3.5675

Mahsyar, A. (2014). Model Koordinasi Antarinstansi Pemerintah Dalam Penanggulangan Kemacetan Lalu Lintas Di Kota Makassar. Jurnal EL-RIYASAH. https://doi.org/10.24014/jel.v5i2.649

Mudiyono, R., & Anindyawati, N. (2017). Analisis Kinerja Jalan Majapahit Kota Semarang (Studi Kasus: Segmen Jalan Depan Kantor Pegadaian Sampai Jembatan Tol Gayamsari). Prosiding Seminar Nasional Inovasi Dalam Pengembangan SmartCity, 1(1), 345–354.

Radjawane, L. E. (2020). The effect of median opening on traffic characteristics on the arterial street. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 419(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/419/1/012102

Rahman, M., Haerany, H., & Idrus, M. (2016). Pengaruh Aktivitas Perdagangan dan Jasa Terhadap Volume Lalu Lintas di Ruas Jalan Hertasning Kota Makassar. Plano Madani : Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 5(2), 192–201. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/planomadani/article/view/1588

Rahman, R., & Ben-Edigbe, J. (2015). Impact of Multilane Median Openings Zone on Travel Speed. Jurnal Teknologi, 73(4), 15–20. https://doi.org/10.11113/jt.v73.4279

Romadhona, P. J., Bachnas, & Nurkumala, L. (2019). Traffic Performance of U-Turn Effects at Median Opening on Four-Lane Divided of Urban Street (Study Case: Yogyakarta, Indonesia). MATEC Web of Conferences, 280, 02002. https://doi.org/10.1051/matecconf/201928002002

Sakti, H. H. (2016). Fenomena Perubahan Pemanfaatan Ruang Dan Pertumbuhan Aktivitas Perkotaan (Kasus Koridor Ruas Jalan Hertasning - Samata di Makassar - Gowa). Plano Madani, 5(2), 171–179. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/planomadani

Sano, K., Jenjiwattanakul, T., & Nishiuchi, H. (2013). Capacity of U-turn Junction at Midblock Median Opening on Urban Arterial Based on Balancing Volume-to-capacity Ratio. Journal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, 10, 1670–1686. https://doi.org/10.11175/easts.10.1670

Setiawan, A., Yunus, I., Kasmuri, M., Universitas, M., Darma, B., Universitas, D., Darma, B., Jendral, J., Yani, A., & Palembang, N. (2018). Analisa Kinerja Ruas Jalan Pada Jalan Parameswara Kota Palembang. Jurnal Ilmiah TEKNO, 15(02), 11–22.

Titirlolobi, A. I., Elisabeth, L., & Timboeleng, J. A. (2016). Analisa Kinerja Ruas Jalan Hasanuddin Kota Manado. Jurnal Sipil Statik, 2(Kinerja Ruas Jalan), 9.

Zulkipli, S., & Yulfadli, Z. (2017). Pengaruh Volume Lalu Lintas Terhadap Tingkat Kebisingan pada Jalan Bung Tomo Samarinda Seberang. Kurva S, 4(1), 131–136.




DOI: http://dx.doi.org/10.51557/pt_jiit.v6i2.805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PENA TEKNIK: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

 

Engineering Faculty, Universitas Andi Djemma, Jl. Tandipau No. 5 Palopo

Email: penateknik@unanda.ac.id  |  penateknik.unanda@gmail.com

p-ISSN : 2502-8952   |   e-ISSN : 2623-2197

 

INDEXED BY:

 

 Creative Commons License
PENA TEKNIK: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.