Pemasaran online dan Pendaftaran Merek pada KTH Mega Buana 3 Desa Lipukasi Kabupaten Barru

Asri Yanti Syarif, Andi Rahayu Anwar, Husnah Latifah, Burhanuddin Burhanuddin, Ratnawati Tahir, Syamsia Syamsia

Abstract


Pemasaran online merupakan sarana yang mempertemukan produsen dan konsumen secara online dengan penawaran produk yang telah menggunakan nama atau merk sebagai atribut pemasaran. Pemasaran online menggunakan aplikasi yang dapat digunakan dengan membuat website, dengan adanya website petani dapat mempromosikan jenis produk, harga, dan no kontak yang dapat dihubungi, serta sistem pembayaran dan sistem pengiriman barang dari petani selaku produsen ke konsumen atau dapat menggunakan flatform: Instagram, WhatsApp, facebook untuk memudahkan memasarkan dengan jangkauan lebih luas dibandingkan dengan pemasaran tradisional yang hanya melibatkan pasar tradisional atau pedagang pengumpul. Petani pada umumnya telah menggunakan alat berupa smartphone, yang menjadi kendala petani belum memahami penggunaan media sosial dan platform untuk pemasaran online. Oleh karena itu, penyuluhan pemasaran online dan penggunaan merek merupakan hal yang fundamental dilakukan untuk merubah mindset mereka menjadi petani modern melalui KTH Mega Buana 3 di Desa Lipukasi Kabupaten Barru. Hasil pengabdian memberikan informasi bahwa pemasaran online dapat memperluas pangsa pasar, meningkatkan penjualan. Dengan adanya merek terhadap produk yang mereka pasarkan nantinya memberikan perlindungan hukum dan produk mudah dikenal di pasaran secara global serta menjadi produk pertanian yang berbeda dengan produk dari kelompok tani yang lain.

Keywords


Keywords: Online marketing, brand, extension, compost

Full Text:

PDF

References


Analiza C. Diaz, Nophea Sasaki b, Takuji W. Tsusaka, Sylvia Szabo. (2021). Factors affecting farmers’willingness to adopt a mobile app in the marketing of bamboo Products. Resources, Conservation & Recycling Advances 11 (2021) 200056. https://doi.org/10.1016/j.rcradv.2021.200056

Daniel Tolstoy, Emilia Rovira Nordman, Uyen (2022). The indirect effect of online marketing capabilities on the international performance of e-commerce. International Business Review 31 (2022) 101946. https://doi.org/10.1016/j.ibusrev.2021.101946

Hanafie, Rita. (2010). Pengantar Ekonomi Pertanian. Yogyakarta: penerbit Andi.

Kotler, P., & Keller, K.L. (2007). Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Mardikanto, T. (2011). Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Meng-jie, L., Zhang, J., Rui-mei Wang, Lin Qi. (2020). Simulation research on online marketing strategies of branded agricultural products based on the difference in opinion leader attitudes. INFORMATION PROCESSING IN AGRICULTURE xxx (xxxx) xxx. https://doi.org/10.1016/j.inpa.2020.12.001

Mia, A.W., Mulatsih, S. (2017). Analisis daya Saing dan faktor-faktor Yang mempengaruhi ekspor ban Indonesia ke Kawasan Amerika Latin. Jurnal ekonomi dan kebijakan pembangunan. Halaman 81-100. Vol 6 no.1 Edisi Juli 2017.

Mohammad, F., Mahfuzur, R., Shahedul, H., (2021). How digital marketing evolved over time: A bibliometric analysis on scopus database. Heliyon 7 (2021). Contents lists available at Science Direct. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08603.

Nuhung, I.A. (2014). Strategi dan Kebijakan Pertanian dalam Persfektif Daya Saing. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Pakpahan, H.T. (2017). Penyuluhan Pertanian. Yogyakarta:Plantaxia.

Nyoman, Y., (2011). Perubahan Pertanian Subsisten Tradisional ke Pertanian Komersial. Dwijen AGRO vol. 2 No.1 ISSN: 1979-3901.

Xiao-Yuan, LIU. (2021). Agricultural products intelligent marketing technology innovation in in big data era. ScienceDirect Available online at www.sciencedirect.com Procedia Computer Science 183 (2021) 648–654. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.02.110.

Zulkarnain, Arifuddin, L., Dance T., (2013). Analisis Nilai Tambah Kopi Jahe pada Industri Sal-Han di Kota Palu. Agrotekbis 1(5) 493-499, Desember 2013. ISSN: 2338-3011.




DOI: http://dx.doi.org/10.35914/tomaega.v5i2.1050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Asri Yanti Syarif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Andi Djemma, (P-ISSN: 2622-6332/ E-ISSN: 2622-6340),

Email: tomaega.unanda@gmail.com/ CP: 082188150380


TERINDEKS BY:


Crossref logodimensions.png 

 Creative Commons License
To Maega is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.