UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP DAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA MTs PADANG SAPPA KECAMATAN PONRANG KABUPATEN LUWU

Ratna Rahim

Abstract


Madrasah sebagai lembaga pendidikan dalam perkembangannya mengalami pasang surut. MTs Padang Sappa masih dalam tahap perkembangan dan sangat membutuhkan perhatian sebagai lembaga pendidikan Islam. Guru yang terdapat di MTs Padang Sappa terdiri dari 14 guru dan siswanya sebanyak 93 orang, terdiri dari tiga kelas. Guru di madrasah dalam peningkatan mutunya diperlukan adanya peran aktif dan profesionalisme dalam memberikan pengajaran kepada peserta didiknya demi merespon dan menjawab berbagai permasalahan yang akan muncul dalam perkbangan dunia pendidikan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif deskriptif bertujuan untuk menguraikan sifat dan karakteristik dari suatu fenomena tertentu. Metode Defenisi operasional variabel untuk menghindari adanya perbedaan presepsi. Populasi dan Samel untuk mengetahui jumlah data yang dibutuhkan dalam proses penelitian. Teknik Analisis Data yakni cara mengola data yang digunakan dalam penelitian. Hasil penelitian guru adalah media pendidikan yang positif, karena secara psikologis guru adalah idola murid baik perkataan dan perbuatannya menjadi modal tersendiri bagi siswa dalam membina karakter dan pribadi keagamaan siswa. upaya guru dalam pengembangan sikap dan perilaku siswa di MTs Padang Sappa Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu, dapat diketahui akan pentingnya guru bagi peserta didik karena upaya dan metode yang baik adalah cara yang sangatlah baik dalam pembinaan. Hubungan orang tua dan guru senantiasa menjalin komunikasi dalam pengembangan sikap dan mental anak dalam beragama sehingga penanaman sikap dan perilaku yang positif dapat terealisasi seperti yang diharapkan.

Keywords


Sikap. Perilaku, Keagamaan.

Full Text:

PDF

References


Alang, Sattu, 2006. Kesehatan Mental dan Terapi Islam, Cet. II; Makassar: Berkah Utami Makassat,

Ahmadi, Abu, Noor Salimi. 2008. Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam, Cet. V; Jakarta: Bumi Aksara.

Arifin, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Cet. I; Jakarta: Ciputat Pers.

Hamalik, Oemar. 2008. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Cet. V; Jakarta: Bumi Aksara.

Hasbullah. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, edisi revisi ,Cet. VIII; Jakarta: Rajawali Pers.

Muhaimin. 2009. Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Edisi. 1; Jakarta: Rajawali Pers.

Nata, Abuddin. 2008. Metodologi Studi Islam, Edisi Revisi 12; Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nurdin, Syafruddin. 2005. Guru Profesional & dan Implementasi Kurikulum, Cet. III; Penerbit Quantum Teaching.

Rahim, R., & Nurhuda, N. (2020). Peranan Orang Tua Melalui Pendekatan Keagamaan Dan Emosional Dalam Memotivasi Siswa Di SDN 437 Kariako Kecamatan Ponrang Selatan Kab. Luwu. Jurnal Andi Djemma| Jurnal Pendidikan, 3(2), 84-94.

Suwito dan Fauzan. 2004. Perkembangan Pendidikan Islam di Nusantara (Studi Perkembangan Sejarah Dari Abad 13 Hingga Abad 20 M), Bandung: Penerbit Angkasa dengan UIN Jakarta Press.

Umar, Husein. 2000. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Ed. 2; Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.35914/jad.v4i1.676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLISHED BY:

  

Univeritas Andi Djemma

Jl. Puang H. Daud No.4a, Tompotika, Kec. Wara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan 91911

jurnal.andidjemma@gmail.com | mzaid090609@gmail.com

p-ISSN : 2622-6537   |   e-ISSN : 2622-8513


Terindeks by :

dimensions.png  


Jurnal Andi Djemma: Jurnal Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.